Pentingnya Manajemen Aset dalam ERP

Enterprise Asset Management atau EAM adalah metode yang diberdayakan oleh teknologi untuk mengatur aset, meningkatkan efisiensi, dan memaksimalkan investasi. Terdapat beberapa alasan mengapa seseorang perlu menggunakan asset management terbaik di Indonesia dalam bisnisnya.

Alasan penggunaan manajemen asset adalah memaksimalkan laba atas aset atau ROA, mengurangi biaya dan risiko, membuat keputusan yang terinformasi tentang aset, mengurangi total biaya kepemilikan atau TCO, hingga meningkatkan prediktabilitas.

Perbedaan EAM dan ERP

Enterprise Resource Planning atau ERP merupakan aplikasi perusahaan yang dirancang untuk organisasi besar untuk mengelola proses bisnis. ERP dapat membuat perusahaan lebih efisien dengan mengotomatiskan tugas-tugas yang berkaitan dengan teknologi, sumber daya manusia, produk, dan layanan.

Biasanya, software ERP terdiri dari beberapa modul yang bekerja sama. Selain itu, ERP juga dirancang untuk menggabungkan semua aktivitas perusahaan ke dalam satu database. Sementara untuk Enterprise Asset Management adalah istilah luas untuk mendefinisikan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengelola aset.

Asset management biasanya mengelola aset, berupa gedung organisasi, peralatan manufaktur, dan lainnya. Karena itu, penggunaan aplikasi asset management dibutuhkan oleh perusahaan karena memiliki berbagai keuntungan.

Alasan Manajemen Aset Enterprise Menjadi Bagian ERP

Asset management system bukan hanya tentang mengumpulkan inventaris, namun juga mendokumentasikan, melacak, dan mengontrol setiap aset TI. Dari situlah diketahui bahwa sistem asset management dalam ERP memiliki berbagai keuntungan, yakni sebagai berikut:

Dapatkan wawasan tentang keuangan

ERP asset management software akan memberi wawasan tentang siklus hidup aset yang dapat meningkatkan prediktabilitas dan membantu menghindari kerusakan. Saat memasukkan asset management software ke dalam platform ERP, maka akan memperoleh lebih banyak informasi tentang bagaimana manajemen aset memengaruhi keuangan.

Tak hanya itu, asset management erp system juga dapat membantu menjadwalkan, merencanakan, dan melaksanakan pekerjaan. Sementara untuk biaya keuangan, depresiasi, dan kapitalisasi akan ditangani dalam aplikasi asset ERP secara keseluruhan.

Hindari tugas ganda

Sederhanakan proses asset and management dengan menambahkan EAM ke dalam ERP. Saat menggunakan aplikasi manajemen aset terpisah, maka dapat membantu melupakan dampak manajemen aset terhadap perusahaan.

Terlalu mudah juga untuk menggandakan tugas atau salah menangani informasi saat harus memasukkan angka ke dalam dua sistem terpisah. Karena itu, penggunaan asset management application dalam ERP disarankan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Jadikan aset lebih menguntungkan

Asset management adalah sesuatu yang perlu dipantau untuk menghidupkan dan memaksimalkan ROA. Mengintegrasikan asset management software open source dengan ERP memungkinkan untuk mengelola aset sambil mengontrol keuangan sehingga menghasilkan penghematan.

Misalnya, ketika memiliki aset bernilai tinggi maka bisa menggunakan ERP serta asset management flow untuk memantau dan mengontrolnya untuk meningkatkan keuntungan. Setelah beberapa tahun, perusahaan kemudian akan memiliki nilai tambahan atau keuntungan yang besar.

Proses lebih efisien

Menambahkan asset management unit ke ERP dapat memberi kesempatan untuk mengotomatiskan tugas-tugas penting yang akan memperpanjang siklus aset. Sebagai permulaan, meminimalkan administrasi berbasis kertas akan meningkatkan efisiensi.

Tak hanya itu, perusahaan yang menggunakan asset management open source dalam ERP dapat membantu mengotomatiskan pembuatan pemeriksaan kualitas untuk mengawasi peralatan. Dengan asset management contract, perusahaan juga akan lebih mudah mengawasi suku cadang dan inventaris, serta efisien merencanakan hingga menjadwalkan pekerjaan baru.

Tingkatkan waktu kerja

Tanpa sistem asset management cms atau EAM, terlalu mudah kehilangan jejak aset terutama jika mengelola beberapa fasilitas di berbagai lokasi geografis. Asset and management group akan memberi wawasan tentang inventaris sehingga dapat mengelola panggilan serviks dan perbaikan, serta menjaga peralatan tetap berfungsi dengan baik.

Kerusakan yang tidak terduga itu mahal, karena itu dengan menggunakan investment management dapat membantu menghindarinya. Pastikan untuk aplikasi aset barang yang sesuai dengan kebutuhan dan memiliki keuntungan maksimal. 

Perusahaan asset management di Indonesia perlu menggunakan perangkat lunak, seperti sistem aset ERP untuk meningkatkan keuntungan. Daftar asset management di Indonesia cukup banyak dan beberapa direkomendasikan untuk perusahaan. 

Asset management indonesia terbesar atau asset management company Indonesia perlu diketahui. Biasanya, asset management companies Indonesia atau asset management terbesar di Indonesia bisa dipilih sesuai kebutuhan perusahaan. Sebelum memilih, jumlah asset management di Indonesia dan fixed asset management software Indonesia juga perlu diketahui.

Salah satu software asset management Indonesia adalah ERP iDempiere. Penggunaan asset management consultant atau Software ERP Indonesia satu ini memiliki berbagai keuntungan, seperti mengatasi plant maintenance.

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini