Manajemen Aset: Pengertian, Tujuan, dan Tahapannya

Manajemen aset atau asset management yang baik dibutuhkan oleh individu maupun perusahaan untuk mengelola aset, agar dapat meningkatkan kinerja perusahaan demi tercapainya tujuan dengan efektif.     

Aset sendiri adalah kekayaan yang dimiliki individu atau perusahaan, baik aset berwujud, seperti: tanah, bangunan,dan perlengkapan maupun aset tak berwujud, seperti: hak cipta, saham, dan merek.   

Melakukan asset management secara manual dapat meningkatkan risiko kesalahan akibat human error. Selain itu, hal itu juga menyita banyak waktu dan sangat melelahkan.  

Pengertian Manajemen Aset 

Menurut Danylo dan Lemer (1999), manajemen aset adalah metodologi distribusi aset agar dapat digunakan dengan efisien demi mencapai tujuan tertentu. 

Aset perusahaan harus ditinjau setiap tahun untuk memastikan adakah aset yang masih bisa dipakai atau harus diganti. Manajemen aset yang tepat mampu menekan pengeluaran dan menambah pemasukan.   

3 Tujuan Asset Management 

Asset management perlu dilakukan oleh setiap perusahaan untuk memenuhi sejumlah tujuan berikut:    

Mengalokasikan Aset  

Perusahaan dapat mengalokasikan aset untuk digunakan dalam jangka panjang dengan efisien. Dengan begitu, perusahaan bisa meminimalkan berkurangnya aset akibat pemborosan.   

Mengetahui Status dan Kondisi Aset  

Saat pemilik aset melakukan perencanaan dan pemeliharaan, sang pemilik bisa mengetahui apakah aset masih memiliki nilai yang tinggi dan bisa terus meningkat di masa depan. 

Jika ada aset yang tak bernilai lagi atau malah berpotensi menimbulkan kerugian di masa depan, maka bisa dibuang sesegera mungkin.  

Memaksimalkan Keuntungan  

Dengan pengelolaan aset secara berkala, maka perusahaan hanya akan membeli aset yang akan menguntungkan di masa depan. Hal ini dimulai dengan membuat skala prioritas, sehingga dapat membeli aset terbaik, yang mengurangi risiko kerugian di masa mendatang. 

Tahapan Manajemen Aset 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari pengelolaan aset, perusahaan perlu melalui beberapa tahapan berikut:   

Merencanakan Kebutuhan Aset

Di tahap ini, tim yang mengelola aset menjelaskan kebutuhan aset tetap perusahaan baik dalam jangka pendek dan panjang lengkap dengan rencana pengelolaannya. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalkan kerugian dan meningkatkan keuntungan perusahaan.  

Membeli Aset 

Setelah rencana disetujui, perusahaan akan membeli aset sesuai kebutuhan. Proses pembelian ini bisa dilakukan sendiri melalui proses e-Procurement atau melalui pihak lain yang menyediakan aset.  

Uji Tuntas Hukum 

Konsultan hukum akan menginvestigasi status kepemilikan, prosedur pembelian, dan alur pengalihan aset. Apabila ada yang terjerat hukum, maka akan dicarikan solusinya.    

Memelihara Aset  

Usai semua proses pencatatan dan legalitas, perusahaan bisa menggunakan dan memelihara aset agar bisa terus digunakan dalam jangka panjang.  

Menilai Aset 

Untuk mengetahui nilai kekayaan perusahaan secara rinci, tim yang mengelola aset perlu melakukan penilaian aset secara berkala. Dengan begitu, perusahaan juga bisa mengetahui histori aset yang telah dialihkan atau dibuang.  

Memperbarui Aset   

Nilai atau fungsi aset akan menurun setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu. Aset itu bisa diperbaiki lewat pembaruan atau peremajaan agar bisa tetap digunakan dengan optimal.   

Membuang Aset  

Jika nilai atau fungsi aset terus menurun dan tidak bisa diperbarui, maka perusahaan dapat membuangnya agar tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari. 

Untuk mengelola aset dengan baik dan efisien, diperlukan software manajemen aset yang andal, seperti ERP iDempiere. Selain untuk mengelola aset, iDempiere juga dapat mengintegrasikan seluruh proses bisnis, termasuk keuangan, gudang, rantai pasokan, dan lain-lain. 

ERP yang bisa diinstal di server perusahaan maupun cloud terpercaya, Amazon Web Services, ini juga bisa digunakan tanpa batasan jumlah pengguna (unlimited user). Untuk informasi selengkapnya mengenai manajemen aset dari iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.      

MANAJEMEN ASET

SOFTWARE MANAJEMEN ASET, SOFTWARE ERP, ERP IDEMPIERE, JASA ERP, KONSULTAN ERP, KOSTA CONSULTING, PT KREASI SOLUSI TEKNOLOGI

PENJADWALAN PERAWATAN
YANG LEBIH BAIK

iDempiere memudahkan Anda untuk membuat perencanaan , penjadwalan, dan perintah kerja perawatan (maintenance) yang lebih baik untuk meminimalisir Down Time produksi dan meningkatkan produktivitas.

APLIKASI MANAJEMEN ASET, SOFTWARE ERP, ERP IDEMPIERE, JASA ERP, KONSULTAN ERP, KOSTA CONSULTING, PT KREASI SOLUSI TEKNOLOGI

RELIABILITAS MENINGKAT
KEUNTUNGAN MELESAT

Amankan keuntungan dengan proses pemeliharaan aset yang proaktif, preventif, dan terkondisi dapat meningkatkan keandalan, penggunaan, dan keamanan aset fisik.

asset-management

Sistem Optimalisasi Aset Yang Maksimalkan profit

Solusi Manajemen Aset ERP IDempiere memberikan visibilitas data aset, histori kinerja aset, dan hasil analisis real-time untuk mengoptimalkan penggunaan aset, biaya menyusut, serta mengelola pembelanjaan modal seperti tanah, pabrik, dan peralatan.

FAQ

Software ERP iDempiere adalah software Open Source berbasis komunitas yang berarti Anda tidak perlu membayar lisensi untuk mengunduh, menginstall, dan memodifikasi software.

Memberikan Anda sistem bisnis yang memenuhi kebutuhan bisnis Anda di saat ini dan mempersiapkan diri untuk perkembangan masa depan adalah alasan KOSTA ada.

Jumlah user tidak dibatasi oleh software, tapi tentu saja performa sistem tergantung kapasitas server yang digunakan. Selain tidak ada batasan user, tidak ada juga biaya yang dikeluarkan per tahun untuk tiap user

Tentu saja. KOSTA akan mengonfigurasi software iDempiere yang memiliki fleksibilitas tinggi di mana Anda bisa memodifikasi, mengurangi, dan menambahkan modul sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain konsultasi gratis, KOSTA akan membantu Anda menyederhanakan proses bisnis dengan membangun desain sistem yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Selain itu KOSTA juga menerapkan ticketing system sebagai ruang untuk menyampaikan kendala-kendala yang dirasakan dalam penggunaan iDempiere.

Umumnya waktu implementasi dari mulai perencanaan, pembangunan, pengujian, hingga live dan siap digunakan adalah 3-4 bulan. Namun bisa memakan waktu lebih lama bila banyak modifikasi yang diperlukan.

UNTUK INFO LEBIH LANJUT BISA LANGSUNG MENGHUBUNGI KAMI

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini