5 Pertanyaan Seputar Implementasi ERP iDempiere

Enterprise Resource Planning atau ERP adalah software bisnis yang mampu mengotomatisasi seluruh proses bisnis secara terintegrasi. Untuk itu, diperlukan implementasi ERP dari vendor terbaik demi kelancaran proses bisnis perusahaan.   

Kosta Consulting adalah vendor ERP Indonesia yang telah berpengalaman selama 10 tahun dalam menyediakan jasa implementasi ERP iDempiere sesuai kebutuhan dan keunikan proses bisnis perusahaan.    

5 Pertanyaan Seputar Implementasi ERP iDempiere   

Sebelum menjalankan implementasi ERP, ada sejumlah hal yang umum ditanyakan pihak penanggung jawab dari suatu perusahaan, antara lain: 

1. Pertanyaan: Apakah ERP iDempiere web-based?

Jawaban: Ya, ERP iDempiere adalah web-based application (aplikasi berbasis web) yang menggunakan Javascript sebagai bahasa pemrogramannya. Aplikasi web-based adalah aplikasi yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman, seperti Javascript, HTML, PHP, dan CSS, sehingga membutuhkan web server dan browser, seperti Chrome atau Firefox untuk menjalankannya.  

Berbeda dengan aplikasi berbasis desktop, aplikasi berbasis web bisa dijalankan di semua sistem operasi selama terhubung dengan jaringan internet client dan server. Server adalah komputer penyedia aplikasi, yang mengelola serta mengamankan data dan aplikasi. Sedangkan client adalah komputer yang menerima, menampilkan, dan menjalankan aplikasi dari server. Client dan server juga bisa dirancang di dalam 1 komputer yang sama. 

2. Pertanyaan: Apakah iDempiere merupakan cloud ERP? 

Jawaban: Betul, iDempiere menggunakan cloud terpercaya sebagai tempat instalasi server, yaitu: Amazon Web Services. Sebagai informasi, cloud merupakan media penyimpanan dengan teknologi komputasi awan (internet). Menyimpan data di cloud terpercaya dapat menghindarkan perusahaan Anda dari pencurian data. 

Amazon Web Service sendiri adalah anak perusahaan Amazon yang menyediakan platform komputasi awan untuk jaringan, email, penyimpanan, perhitungan dengan pengaturan spesifikasi yang fleksibel, komputasi jarak jauh, keamanan, dan pengembangan seluler dengan basis bayar sesuai biaya penggunaan yang terukur.   

3. Pertanyaan: Berapa lama waktu implementasi dan berapa biayanya?

Jawaban: Waktu dan biaya implementasi aplikasi ERP akan sangat dipengaruhi oleh banyaknya jumlah modul dan konfigurasi fitur yang akan digunakan perusahaan. Hal ini dapat terjadi, karena dibutuhkannya beberapa tahapan implementasi mulai dari requirement, development, dan trial untuk memastikan sistem dapat mengakomodasi keunikan proses bisnis perusahaan.  

4. Pertanyaan: Apakah iDempiere bisa di-customized?

Jawaban: Ya, ERP iDempiere tentu bisa di-customized untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. ERP iDempiere dirancang berdasarkan best practice (praktik terbaik) dari sistem ERP, yang dibangun oleh komunitas global

Namun, pengembang ERP iDempiere juga mengerti bahwa proses bisnis setiap perusahaan sangatlah berbeda satu sama lain, sehingga diciptakan infrastruktur plugin untuk menambahkan fitur dan proses dalam sistem tanpa mengganggu core system. Di sinilah, vendor ERP memegang peran penting untuk memastikan setiap proses bisnis dapat terekam dalam sistem melalui konfigurasi dan custom yang tepat. tersebut bisa berjalan lancar dengan konfigurasi ERP yang tepat.      

5. Pertanyaan: Bagaimana dukungan (support) iDempiere ERP?

Jawaban: Dukungan langsung ke perusahaan tentu akan diberikan oleh vendor yang mengimplementasikan ERP. Namun, vendor ERP yang terpercaya tentu akan terhubung dengan komunitas ERP iDempiere.    

Untuk informasi lebih lanjut mengenai implementasi iDempiere ERP, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266 atau melalui email sales@kosta-consulting.com.   

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini