ERP Software Berbasis Web vs ERP Software Berbasis Desktop

ERP software dapat membuat proses bisnis lebih efisien lewat otomatisasi dan integrasinya untuk seluruh proses bisnis. Berdasarkan jenisnya, business software ini terdiri dari ERP berbasis web atau ERP berbasis desktop. Namun, manakah yang terbaik? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.  

ERP Software Berbasis Web   

ERP berbasis web (web-based ERP) memerlukan koneksi internet yang lancar agar bisa dioperasikan. Dengan begitu, perangkat yang digunakan harus senantiasa terhubung ke internet. ERP ini dapat diakses melalui berbagai web browser, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan lain sebagainya.  

Dengan begitu, Anda dapat menjalankan ERP ini di semua sistem operasi dari mana dan kapan saja, termasuk Windows, Linux, dan lain sebagainya tanpa perlu proses instalasi. Selain itu, Anda juga mengaksesnya dari mana saja, baik smartphone, tablet, laptop, maupun PC dengan spesifikasi standar yang ada di pasaran. 

Software ERP berbasis web dijalankan secara terpusat, sehingga membutuhkan server pusat yang kuat dan aman, sehingga tidak mudah down dan menghambat pengaksesan ERP. Web-based ERP juga ada yang dapat digunakan tanpa biaya lisensi, digunakan oleh jumlah pengguna yang tidak terbatas (unlimited user), dan mampu mengintegrasi penggunaan setiap modul. 

ERP Berbasis Desktop 

Berbeda dengan ERP berbasis web, ERP berbasis desktop (desktop-based ERP) dapat dioperasikan tanpa jaringan internet, tetapi memerlukan instalasi terlebih dahulu di setiap perangkat yang akan digunakan. 

Itu berarti Anda tak dapat mengaksesnya dengan lebih mudah dan tidak akan terganggu jika server pusat sedang down. Anda cukup mengeklik software tersebut dan ERP akan langsung terbuka. Namun, setiap perangkat yang akan digunakan harus memiliki spesifikasi yang tertentu agar bisa mendukung penggunaan ERP.  

Selain kemudahan dan kecepatan akses, software ERP ini juga bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan bisnis Anda. Namun, ERP jenis ini membutuhkan biaya lisensi yang cenderung lebih mahal daripada ERP berbasis web.  

Setelah menyimak perbedaan keduanya di atas, ERP manakah yang Anda pilih? ERP berbasis web atau desktop? Jika Anda membutuhkan ERP berbasis web, maka iDempiere adalah pilihan yang tepat. Tak hanya unlimited user, software ERP ini juga dapat dikonfigurasi sesuai keunikan proses bisnis. Silakan hubungai Kosta Consulting di nomor 082122282266 untuk informasi lebih lanjut mengenai implementasi ERP iDempiere.   

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini