Custom Software ERP, Apa Bisa?

ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sistem atau software bisnis yang dirancang untuk mengotomatisasi dan mengintegrasikan seluruh proses bisnis perusahaan. Selain itu, software ERP juga mampu menyederhanakan dan membuat proses bisnis terstandarisasi, sehingga jadi lebih efisien dan efektif. 

Software enterprise ini bisa digunakan untuk mengelola setiap aktivitas operasional perusahaan, mulai dari produksi, pengadaan, keuangan, distribusi, administrasi, dan lain sebagainya.   

ERP Software Baku vs ERP Custom  

Seiring berjalannya waktu, sistem ERP tidak hanya digunakan perusahaan berskala besar, tetapi juga perusahaan berskala kecil dan menengah. Hal ini terjadi, karena sistem ERP terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman. Namun, ada 1 hal yang masih kerap dipertanyakan, yakni: “Apakah sistem ERP bisa dikonfigurasi sesuai kebutuhan dan keunikan proses bisnis perusahaan?  

Nah, sistem ERP terdiri dari 2 jenis, yaitu: ERP custom dan ERP yang memang sudah baku. Sistem ERP yang sudah baku dibuat berdasarkan suatu proses bisnis umum, sehingga tidak bisa dimodifikasi. 

Sistem ERP yang merupakan produk baku ini umumnya diadopsi oleh vendor ERP yang menggunakan sistem langganan per bulan. Perusahaan berskala kecil dengan proses bisnis yang tidak terlalu kompleks umumnya menggunakan ERP yang sudah baku. 

Sedangkan perusahaan dengan proses bisnis yang lebih kompleks umumnya membutuhkan konfigurasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keunikan proses bisnisnya. Nah, ERP custom bisa memfasilitasi kebutuhan tersebut. 

Jika desain ERP software baku sudah ditentukan menggunakan desain umum, maka lain halnya dengan ERP custom, yang bisa didesain berdasarkan kebutuhan proses bisnis suatu perusahaan. 

Dengan begitu, maka implementasi ERP custom membutuhkan analisis dan durasi pengerjaan yang lebih lama daripada ERP software yang sudah baku. Demi kelancaran konfigurasi modul ERP custom, maka dibutuhkan vendor ERP yang berpengalaman di dalam memberikan pelayanan terbaik bagi perusahaan dari berbagai industri. 

Contoh ERP Custom 

Contoh ERP custom yang dapat diandalkan berbagai perusahaan adalah ERP iDempiere, yang dikembangkan oleh komunitas software developer (pengembang perangkat lunak) dan ahli ERP di seluruh dunia . 

Mereka aktif menyempurnakan ERP iDempiere berdasarkan praktik terbaik (best practice) yang berlaku secara global, sehingga dapat digunakan dengan maksimal di berbagai industri. 

Namun, fleksibilitas pengembangan sistem juga terus dijaga untuk mengakomodasi keunikan proses bisnis setiap perusahaan. Oleh karena itu, modul ERP iDempiere dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan proses bisnis masing-masing perusahaan.  

Tak hanya bisa dikonfigurasi sesuai kebutuhan, iDempiere adalah ERP open source, sehingga dapat digunakan tanpa batasan jumlah pengguna (unlimited user) dan biaya lisensi. ERP iDempiere ini dapat dipasang di server perusahaan maupun di cloud terpercaya, yaitu: Amazon Web Service, yang keamanannya tak perlu diragukan lagi.  

Untuk implementasi custom ERP iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting, yang berkomitmen untuk mendukung kelancaran bisnis perusahaan dengan mengakomodasi berbagai kebutuhannya menggunakan ERP iDempiere.  

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini