4 Keuntungan Menggunakan ERP Open Source

Era digitalisasi seperti memaksa perusahaan untuk menggunakan software bisnis dengan optimal untuk memajukan bisnis dan memenangkan persaingan. Salah satu software bisnis digunakan adalah ERP (Enterprise Resource Planning). 

ERP adalah suatu sistem informasi yang dapat membantu perusahaan besar untuk mengotomatisasi seluruh proses bisnis secara terintegrasi. ERP mampu memfasilitasi kegiatan berbagi data dan aliran informasi antar divisi, sehingga mampu membuat seluruh proses bisnis berjalan dengan efisien melalui satu sistem. 

Sebagai contoh, saat divisi finance & accounting menerima invoice atas pembelian bahan baku, mereka bisa memeriksa apakah nilai invoice tersebut sesuai dengan jumlah bahan baku yang diterima. Sebaliknya di proses penjualan, divisi finance & accounting juga dapat memantau jumlah pengiriman barang ke konsumen sebelum menerbitkan tagihan.    

4 Keuntungan Menggunakan ERP Open Source 

Tidak sedikit perusahaan yang ragu untuk melaksanakan implementasi ERP dikarenakan biaya lisensi per pengguna yang amat tinggi. Padahal kini sudah ada ERP open source atau open source ERP yang dapat digunakan tanpa biaya lisensi. 

Open source ERP adalah software ERP yang kode pemrograman (source code)-nya  disediakan pengembang (developer) untuk umum, sehingga dapat dipelajari, dimodifikasi, dan dikembangkan sesuai kebutuhan. Keuntungan dari penggunaan open source ERP, antara lain adalah: 

Kualitas yang Terjamin  

Sistem ERP yang bersifat open source dikembangkan oleh komunitas, sehingga dievaluasi banyak tenaga ahli. Dengan begitu, ada banyak ide dan pemikiran yang dapat dituangkan dan diimplementasikan dalam pengembangan tersebut. Pengembangan tersebut membuat kualitas sistem ERP itu lebih baik dari masa ke masa. 

Aman  

Keamanan data ERP open source juga terjamin karena dapat di-install di server perusahaan atau cloud terpercaya, seperti ERP iDempiere yang dapat di-install di Amazon Web Services.    

Tanpa Biaya Lisensi per Pengguna  

Tidak menerapkan biaya lisensi, open source ERP dapat digunakan oleh banyak pengguna tanpa jumlah batasan maksimum (unlimited user). Hal ini tentu memangkas jumlah dana yang perlu diinvestasikan untuk efisiensi proses bisnis. 

Mengikuti Proses Bisnis 

Open source ERP dapat dikonfigurasi sesuai keunikan proses bisnis perusahaan, mulai dari penambahan fitur barcode hingga tampilan aplikasi yang user-friendly bagi karyawan. 

Kesalahan bugs atau error lebih cepat ditemukan dan diperbaiki. Bila ada teknologi yang bisa membahayakan data pengguna juga bisa segera disingkirkan demi menjaga sekuritas dan kredibilitas sistem. 

Kesimpulan 

Software ERP open source tidak hanya mampu mengotomatisasi seluruh proses bisnis secara terintegrasi, tetapi juga aman, up to date, unlimited user, dan juga dapat dikonfigurasi sesuai keunikan proses bisnis perusahaan.

Untuk implementasi ERP iDempiere yang bersifat open source ini, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 082122282266, selaku vendor ERP yang sudah berpengalaman selama 10 tahun dalam mendukung keunikan proses bisnis perusahaan dari berbagai industri.    

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini