Perbedaan Data dan Informasi beserta Contohnya

Meskipun sering digunakan secara bergantian, tetapi data dan informasi adalah 2 hal yang berbeda. Perbedaan data dan informasi secara mendasar terletak pada isi dan tujuannya. 

Data mengacu pada fakta satuan, sedangkan informasi mengacu pada tafsiran dari fakta-fakta tersebut. Namun, keduanya bisa digunakan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah.  

Pengertian Data  

Data adalah kumpulan fakta satuan. Mengapa kumpulan? Ya, data sebenarnya merupakan bentuk jamak, sedangkan bentuk tunggalnya datum, meskipun kata tersebut jarang digunakan.  

Data dapat berasal dari kumpulan teks, angka, observasi, gambar, dan simbol. Contoh data: nama, usia, alamat, harga, bobot, suhu, tanggal, dan jarak.   

Data terdiri dari 2 jenis, yaitu: 

  • Data kuantitatif: data yang tersaji di dalam bentuk numerik, seperti: bobot, luas, volume, dan harga barang.  
  • Data kualitatif: data yang tersaji di dalam bentuk deskripsi, numerik, contohnya: nama, alamat, jenis kelamin, dan warna mata. 

Pengertian Informasi 

Informasi adalah hasil pengolahan data melalui pembelajaran, komunikasi, riset, instruksi, dan analisis. Nah, informasi ini nantinya bisa digunakan di dalam pengambilan keputusan. 

Sebagai contoh, ketika data berupa suhu dianalisis dan diorganisasikan menjadi sebuah informasi, maka Anda bisa menentukan pola suhu musiman atau bahkan mungkin tren iklim yang lebih luas. 

Perbedaan Data dan Informasi  

  • Jika data merupakan kumpulan fakta satuan, maka informasi merupakan kumpulan dari data yang sudah diolah menjadi konteks yang jelas untuk pengambilan keputusan.      
  • Data bersifat mentah dan tidak terorganisir, sedangkan informasi terorganisir. 
  • Poin-poin yang ada di dalam data bersifat individualistis, sehingga sering kali tidak terkait satu sama lain. Sementara informasi memetakan data untuk memaparkan hubungan antara semua data tersebut. 
  • Data tidak berarti apa-apa. Namun setelah dianalisis dan ditafsirkan, maka data akan menjadi informasi yang sangat berguna. 
  • Data tidak bergantung pada informasi, sedangkan informasi bergantung pada data. 
  • Data umumnya berbentuk grafik, angka, gambar, atau statistik. Sementara informasi umumnya tersaji melalui kata-kata, bahasa, ide, dan pemikiran. 
  • Data tidak cukup untuk pengambilan keputusan, sedangkan informasi bisa digunakan untuk mengambil keputusan.   

Contoh Perbedaan Data dan Informasi  

Tingkat inventaris merupakan salah satu bentuk data. Namun, saat manajer inventaris menganalisis dan menafsirkannya di dalam rentang waktu tertentu, maka tingkatan itu bisa menunjukkan informasi tentang masalah rantai pasokan dengan tepat. Dengan begitu, manajer inventaris dapat mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan efisiensi sistem perusahaan tersebut. 

Kesimpulan 

Data dan informasi merupakan elemen penting di dalam pengambilan keputusan. Data merupakan kumpulan fakta satuan. Sementara informasi merupakan hasil pengolahan semua data itu agar dapat digunakan untuk mengambil keputusan dengan tepat. 

en_US
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini