Perbedaan RAM dan Hard Disk, Lebih Penting Mana?

Sama-sama merupakan komponen memori dan media penyimpan data, masih banyak yang belum paham perbedaan RAM dan hard disk drive. Baik dari pengertian, bentuk, sifat, komponen, hingga cara kerja keduanya berbeda. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Pengertian RAM  

Random Access Memory (RAM) adalah salah satu komponen hardware (perangkat keras) di dalam komputer, yang berperan sebagai media penyimpanan sementara. Data yang tersimpan di dalam RAM bersifat acak dan tidak bergantung pada pengaturan tata letak.  

Instruksi dan kapasitas penyimpanan RAM tergantung dari kecepatan loading data-nya (proses data). Dengan begitu, semakin besar RAM suatu perangkat, maka semakin cepat juga proses penyimpanan data dan operasi program. Sebagai media penyimpanan sementara, maka saat aliran listrik ke perangkat itu dimatikan, maka datanya akan hilang. 

Selain untuk menyimpan data sementara, RAM juga mempercepat proses pembukaan dan pembacaan data. Maka dari itu, saat pertama kali Anda membuka suatu program, loading akan terasa lebih lambat. Namun, setelah dibuka untuk kedua kalinya, program akan berjalan dengan lebih cepat, karena RAM telah menyimpan data sementaranya.  

Pengertian Hard Disk  

Berbeda dengan RAM, hard disk drive atau singkatnya hard disk adalah media penyimpanan yang bersifat permanen. Dengan demikian, maka setiap data yang telah disimpan di hard disk tidak akan hilang saat perangkat dimatikan. 

Sebagai media penyimpanan yang aman dan permanen, ingatlah untuk selalu menyimpan data ke hard disk saat menjalankan suatu program. 

Perbedaan RAM dan Hard Disk 

Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa RAM dan hard disk sama-sama sangat penting bagi komputer. Agar lebih jelas, simak perbedaan RAM dan hard disk berikut ini: 

Bentuk Fisik  

RAM berbentuk persegi panjang kecil dengan beberapa chip, sehingga sekilas menyerupai sisir. Ada yang menempel berjajar di kedua sisinya, tetapi ada pula RAM dengan chip yang hanya menempel di satu sisi saja.     

Sementara hard disk menyerupai balok dengan ukuran yang relatif besar, yaitu: sekitar 3.5 inch untuk hard disk PC dan sekitar 2.5 inch untuk hard disk laptop atau notebook.   

Manfaat 

RAM wajib ada di setiap komputer, baik PC maupun laptop. Selain untuk menyimpan data sementara, RAM juga berperan penting di dalam kecepatan kinerja komputer. Tanpanya, maka perangkat tidak bisa beroperasi, karena tidak booting. Hard disk pun merupakan bagian penting dari komputer, karena bermanfaat sebagai media penyimpanan data permanen.   

Sifat Penyimpanan 

Sebagai penyimpan data sementara, chip di RAM bisa menyimpan data selama perangkat menyala dan ada arus listrik yang mengoperasikannya. Ketika perangkat dimatikan, arus listrik akan terputus, semua data di dalam RAM akan terhapus, dan RAM pun kembali kosong. 

Namun, saat perangkat sedang berada di dalam sleep mode, maka data akan tetap tersimpan di dalam RAM. Oleh karena itu, penggunaan sleep mode yang terlalu lama bisa menimbulkan masalah pada perangkat.    

Sementara hard disk menyimpan data secara permanen. Bahkan ketika perangkat mati atau rusak, hard disk bisa dihubungkan melalui USB interface dengan konektor SATA-TO-USB ke komputer lain. Dengan demikian, maka data di dalamnya akan tetap ada.  

Komponen dan Kapasitas 

RAM memiliki lebih dari satu chip untuk menyimpan data. Namun, karena bersifat sementara, maka kapasitasnya hanya berkisar antara 1-32 GB. Sementara komponen hard disk berbentuk cakram dari logam yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen, sehingga kapasitas penyimpanannya 250 GB-4 TB.  

Cara Menghubungkannya 

RAM dihubungkan langsung ke slot khusus pada motherboard dengan jenis kaki tertentu (DDR, DDR2, DDR3, DDR4, atau DDR5). Sementara hard disk bisa dihubungkan langsung dengan kabel data khusus yang sesuai jenisnya.   

Dampak dan Harga  

Jika kapasitas RAM rendah, kinerja komputer akan melambat. Sementara kapasitas hard disk tidak memengaruhi kinerja komputer. Dari segi harga, RAM dibanderol lebih mahal untuk setiap unit penyimpanan daripada hard disk

Kesimpulan  

RAM dan hard disk sama-sama berperan penting bagi setiap komputer. Instruksi dan kapasitas penyimpanan RAM memengaruhi kecepatan kinerja komputer. Sementara hard disk mampu menyimpan berbagai data di dalam jumlah besar secara permanen.   

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini