SOFTWARE CRM DAN FUNGSI CRM

SOFTWARE CRM, APLIKASI CRM, PENGERTIAN CRM, MANFAAT CRM, CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
SOFTWARE CRM ( CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT )

Sebagai pelaku bisnis, pasti sudah tidak asing lagi dengan software yang bernama CRM, lalu apakah sudah tau seperti apa software atau aplikasi CRM Indonesia secara mendalam ?.

BACA JUGA MANFAAT ERP UNTUK PERUSAHAAN ANDA

Banyak beberapa perusahaan dibidang jasa memerlukan CRM, berikut adalah penjelasan tentang apa itu CRM ( Customer Relationship Management ) dan fungsi CRM. Pengertian CRM adalah sistem yang dapat terintegrasi dan membuat strategi perusahaan untuk menangani serta berinteraksi langsung dengan pelanggan atau customer.

Tujuan dan Manfaat Software CRM (Customer Relationship Management)

  • Mengetahui informasi terupdate terhadap pelanggan
  • Mengumpulkan data pelanggan dengan lengkap
  • Meningkatkan nilai konversi pada penjualan
  • Menjalin hubungan baik dengan Kostumer
  • Memudahkan tim melakukan penjualan
  • Cocok untuk perusahaan yang mempunyai banyak channel untuk mengatur setiap channel
  • Mengurangi Efisiensi biaya untuk perusahaan
  • Meningkatkan efiensi operasional
  • Meningkatkan Loyalitas pelanggan

Secara garis besar tujuan aplikasi atau software crm bagi perusahaan sangatlah membantu untuk meningkatkan profitabilitas, serta kinerja perusahaan terhadap klien-klien mereka, Selain itu Aplikasi CRM ( Customer Relationship Management ) Meningkatkan service yang menjadi keperluan pelanggan, menarik pelanggan baru atau mendapatkan pelanggan baru, melakukan penjualan dan menentukan estimasi penjualan.

TAHAPAN DI DALAM SOFTWARE CRM

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari CRM, maka dapat diketahui bahwa ada 3 tahapan CRM atau Manajemen Hubungan Pelanggan yaitu:

  • Acquire

Tahapan Acquire atau lebih dikenal dengan tahapan mendapatkan pelanggan. Pada tahapan aquire CRM perusahaan akan menyiapkan proses yang lebih matang lagi untuk melakukan promosi atau mempromosikan produk dan jasa yang akan ditawarkan pada calon pelanggan.

  • Enchance

Tahapann Enchance ( Peningkatan Profitabilitas dari kostumer yang sudah ada ). Ditahapan Echance CRM menjadi tahapan yang penting yaitu menjalin relasi yang lebih baik lagi dengan kostumer atau pelanggan yang sudah ada. Dengan meningkatkan servis kepada pelanggan dan menambahkan beberapa fasilitas pendukung untuk pelanggan, maka profitabilitaspun untuk perusahaan bisa meningkat.

  • Retain

Tahapan Retain pada CRM atau lebih dikenal dengan tahapan mempertahankan kostumer untuk jangka panjang serta menjadi solusi yang tepat sesuai yang diperlukan pelanggan, Seperti memberikan fasilitas saran & tanggapan. Serta memberikan kebijakan kepada pelanggan setia yang sudah membeli produk atau menggunakan jasa sudah lama.

SIAPA YANG MENGGUNAKAN SOFTWARE CRM ?

Software CRM mempunyai pengaruh besar kepada perusahaan, selain bisa mempertajam ujung tombak perusahaan ( Penjualan ) Aplikasi CRM harus di akomodir dengan orang yang tepat, lalu siapa yang menggunakan software CRM ?

1. Team Marketing

Team marketing pada perusahaan menjadi divisi yang cocok untuk mengoperasionalkan software CRM, dimana tim akan melakukan riset dan mengumpulkan data para calon pelanggan dan pelanggann yang sudah ada, yang pada akhirnya bertujuan untuk melakukan penjualan serta meningkatkan produktivitas penjualan pada perusahaan.

2. Sales Departement

Sama halnya dengan Team Marketing bagian sales departement, aplikasi CRM ( Customer Relationship Management ) yaitu Time to Market. Dapat memasarkan produk dan jasa ke pelanggan yang benar-benar tepat dengan mengumpulkan data para pelanggan, sehingga produk dan jasa yang ditawarkan dapat terealisasi dan memungkin melakukan closing atau penjualan dengan persentase tinggi.

3. Staff Customer Service

Tingkatkan, Upgrade pelayanan perusahaan dan bisnis anda terhadap pelanggan yang sudah ada maupun calon pelanggan, dengan meningkatkan pelayanan seperti costumer service, serta memudahkan staff customer untuk melakukan relasi terhadap pelanggan yang kedepannya dapat membuat hubungan kerja sama antar perusahaan ke client menjadi jangka panjang.

Untuk informasi lebih lanjut tentang CRM dan pengimplementasian CRM atau sedang mencari software ERP, CRM di Indonesia bisa menghubungi kami di WA: 0821-2228-2266, atau bisa mengisi form dibawah ini.

id_ID
en_US id_ID