Tak Perlu Takut dengan Perubahan, Ini Cara Atasinya!

Hidup ini penuh dengan perubahan yang dapat terjadi secara tiba-tiba. Tak sedikit orang yang merasa takut dengan perubahan, baik itu di lingkungan keluarga, pertemanan, kantor, maupun bisnis.  

Mungkin rasa takut itu timbul karena orang itu merasa belum siap atau takut gagal. Padahal perubahan adalah hal yang tak terhindarkan di dalam hidup ini, sehingga harus dihadapi setiap orang.  

Alasan Anda Tak Perlu Takut dengan Perubahan  

Sebagai bagian dari kehidupan, perubahan akan selalu ada dan harus dihadapi demi berlangsungnya kehidupan. Meski begitu, Anda tak perlu takut dengan perubahan, karena:  

Berdampak Baik 

Perubahan tidak selalu membawa dampak yang buruk, bahkan bisa membawa dampak yang baik bagi Anda. Lewat perubahan, Anda dapat bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. 

Berubah memang membutuhkan adaptasi dan bahkan mungkin usaha yang cukup keras, tetapi percayalah akan ada hikmah yang bisa dipetik darinya.  

Contoh: 

Anda adalah seorang graphic designer di sebuah cafe yang awalnya direkrut untuk mendesain konten dengan tema clean and monochrome. Namun, setelah 6 bulan bekerja, cafe tempat Anda bekerja ternyata ingin melakukan rebranding, sehingga design harus diubah dari clean and monochrome menjadi colorful and youthful

Dengan demikian, Anda mau tak mau harus keluar dari zona nyaman. Hal ini tentu cukup meresahkan, tetapi memiliki sejumlah dampak positif, di antaranya: 

  • Mencari dan menemukan berbagai referensi desain yang baru. 
  • Mempelajari cara desain yang baru. 
  • Jika rebranding berhasil dan profit yang didapatkan sangat tinggi, maka Anda mungkin akan mendapatkan bonus. 

Pasti Bisa  

“Musuh terbesar Anda adalah diri sendiri.” Ya, ucapan ini ternyata benar adanya. Salah satu hal yang membuat Anda takut untuk berubah adalah pikiran diri sendiri bahwa Anda ragu bisa melalui perubahan tersebut. Padahal setiap manusia sesungguhnya ditakdirkan untuk beradaptasi dengan berbagai hal baru. 

Sejak kecil, semua orang telah melalui banyak perubahan, mulai dari pertumbuhan tubuh, kenaikan kelas di sekolah, bahkan hingga perubahan jurusan kuliah.     

Meski semua itu terasa berat, tetapi Anda telah berhasil melewati semua perubahan itu. Berarti, Anda sudah siap dan bisa untuk melalui perubahan lain di depan mata. 

Tidak Berubah Merugikan 

Setiap perubahan pasti memiliki keuntungan, salah satunya pembentukan karakter untuk menjadi pribadi yang lebih baik lewat berbagai pengalaman berharga. Jika Anda selalu takut untuk berubah, maka Anda akan sulit untuk berkembang. 

Selain itu, hidup pada dasarnya bersifat dinamis, sehingga perubahan adalah hal yang tak terelakkan. Jika Anda terus takut, maka Anda bisa stres dan terus merasa tak nyaman dengan hidup yang sedang dijalani. Sangat merugikan, bukan?      

Tanda Anda Butuh Perubahan 

Jika Anda mengalami setidaknya satu dari hal-hal di bawah ini, maka itu menandakan bahwa Anda butuh perubahan: 

Bosan 

Menjalani satu hari yang membosankan memang wajar adanya. Namun, apa jadinya jika Anda bosan dengan kehidupan yang terasa begitu-begitu saja? Menyebalkan, bukan? Jika Anda merasakan bosan akan hidup Anda, maka itu menandakan bahwa Anda membutuhkan perubahan.  

Kurang Tantangan  

Jika Anda merasa kekurangan tantangan, maka inilah saat yang tepat untuk keluar dari zona nyaman dan melakukan perubahan, sehingga memiliki tujuan hidup yang baru. 

Ingin Hal yang Sebaliknya  

Menginginkan hal yang sebaliknya juga menandakan bahwa Anda butuh perubahan. Sebagai contoh, Anda bekerja sebagai akuntan, yakni pekerjaan yang sangat rutin dan pasti. Kemudian Anda ingin menjadi content creator yang bekerja secara fleksibel. 

Hal itu menandakan bahwa Anda butuh perubahan. Anda tak perlu langsung resign dan mulai menjadi content creator, karena itu terlalu risky. Namun, saat senggang, Anda bisa mulai mempelajari cara membuat konten, sehingga Anda bisa membuat konten yang baik dan bermanfaat pada waktu senggang. Selain keluar dari zona nyaman, hal itu juga menjadi side hustle yang tentunya bisa menguntungkan Anda. 

Kecanduan  

Kecanduan tentu bukan hal yang sehat. Anda bisa merasa kecanduan terhadap makanan, barang tertentu, atau bahkan kecanduan untuk menghabiskan uang. 

Jika Anda merasa kecanduan terhadap sesuatu, itu menandakan bahwa Anda perlu kebiasaan baik yang baru alias perubahan yang baik. 

Ingin Hal yang Tidak Dimiliki 

Jika Anda mulai menginginkan hal yang sekarang tidak Anda miliki, maka itu juga menandakan bahwa Anda perlu berubah. Hal yang tidak dimiliki ini bisa berupa karier, bisnis, komunitas yang sehat, atau pasangan. 

Untuk memperoleh hal tersebut, tentu ada beberapa hal yang perlu Anda ubah, seperti berani menangkap peluang bisnis dan mengusahakannya.  

Cara Mengatasi Ketakutan akan Perubahan 

Setelah memahami mengapa Anda tak perlu takut akan perubahan dan tanda Anda memerlukannya, kini saatnya untuk memahami cara menghadapinya, yaitu: 

Menerima Perubahan 

Ya, Anda perlu belajar menerima bahwa perubahan adalah bagian esensial dari kehidupan, sehingga tak mungkin Anda hindari. Dengan menerimanya, seiring berjalannya waktu, ketakutan Anda terhadap perubahan akan sirna. 

Menyadari Pentingnya Perubahan  

Anda juga perlu menyadari pentingnya perubahan di dalam hidup Anda. Untuk meraih kesuksesan, Anda perlu mengusahakan sesuatu agar hidup berubah dari yang biasa saja menjadi luar biasa. Itu merupakan perubahan yang penting dan tentunya diinginkan semua orang, bukan?   

Sebelum meraih kebahagiaan, juga akan ada kesedihan yang nantinya mendatangkan  hal yang membahagiakan. Semua itu adalah proses perubahan yang sangat penting di dalam hidup Anda. Tanpa perubahan tersebut, maka Anda hanya akan diam di tempat dan hidup pun terasa membosankan.  

Menyiapkan Diri 

Alih-alih membuang waktu dengan terus merasa ketakutan, lebih baik siapkan diri Anda untuk berubah jadi pribadi yang lebih baik. Anda dapat menyiapkan diri dengan memanfaatkan peluang dan mulai melakukan perubahan. 

Contoh sederhananya adalah mengubah jadwal harian agar jadi lebih produktif. Setelah itu, Anda juga bisa mengubah pola pikir yang tadinya statis untuk jadi lebih dinamis dan kreatif. Perluas wawasan dengan membaca dan mendengarkan berbagai hal baru, sehingga Anda dapat keluar dari tempurung yang selama ini mengunci kreativitas Anda. 

Mencoba Kebiasaan Baru yang Baik 

Mencoba berbagai kebiasaan baru yang baik secara konsisten juga akan memengaruhi kehidupan Anda dengan baik. Itu merupakan cara untuk bergerak menuju perubahan. 

Contohnya: minum air mineral 8 gelas setiap harinya, olahraga ringan 30 menit setiap harinya, menggunakan sunscreen setiap pagi, membaca 1 buku hingga tuntas setiap minggu, dan lain sebagainya.  

Meskipun tampak kecil, hal-hal di atas akan membawa perubahan yang signifikan asalkan Anda melakukannya secara konsisten. Dengan demikian, rasa takut akan hilang dan Anda akan siap untuk menghadapi perubahan. 

Percaya Bahwa Semua Ini Baik 

Semua yang terjadi di dalam hidup ini adalah kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa, termasuk perubahan. Itu adalah salah satu cara Tuhan memelihara Anda agar dapat jadi pribadi yang lebih baik. 

Contoh sederhananya adalah ketika pencernaan Anda terganggu. Anda perlu dibawa ke Rumah Sakit, diberikan obat, dan diminta dokter untuk menghindari sejumlah makanan selama beberapa waktu. 

Hal ini menciptakan perubahan pada hidup Anda, mulai dari adanya rutinitas minum obat hingga adanya beberapa makanan yang harus dihindari selama beberapa waktu. Menyebalkan, bukan? Namun, dengan begitu, pencernaan Anda akhirnya akan sembuh.   

7 Tips Melakukan Perubahan 

Berdasarkan buku Who Moved My Cheese: An A-Mazing Way to Deal with Change in Your Work and in Your Life, Spencer Johnson, (1998), inilah rangkuman tentang tips untuk melakukan perubahan: 

  • Sadari bahwa perubahan akan terus terjadi.
  • Antisipasi perubahan.
  • Awasi perubahan.
  • Adaptasi dengan cepat saat perubahan terjadi.    
  • Mulai berubah.  
  • Nikmati proses pembelajaran yang sedang terjadi. 
  • Siap untuk berubah dengan cepat dan menikmatinya lagi dan lagi.  

Kesimpulan 

Hidup ini bersifat dinamis, sehingga perubahan menjadi sesuatu yang tak terelakkan dan harus dilalui. Meskipun kadang terasa menakutkan dan menyebalkan, beranikan diri Anda untuk berubah. 

Berani berubah adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan, karena perubahan mengantar hal yang baik bagi hidup Anda. Ini meliputi perkembangan hidup, berbagai kemampuan yang baru, hingga memiliki kehidupan yang lebih baik.  

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini