Pentingnya Teknik Active Reading di Dunia Kerja

Membaca adalah ilmu dasar yang dibutuhkan di setiap aspek kehidupan, termasuk di dalam dunia kerja. Apa pun industrinya, membaca selalu menjadi kemampuan yang wajib dimiliki. Salah satu teknik membaca yang terkenal adalah teknik active reading (membaca aktif). 

Teknik membaca aktif ini sangat dibutuhkan untuk memahami teks secara mendalam dan mengembangkan karier. Simak pengertian, manfaat, dan cara mempraktikkannya di bawah ini. 

Pengertian Teknik Active Reading 

Melansir laman UK The Open University, teknik active reading adalah membaca sesuatu dengan tekad untuk memahami dan mengevaluasi relevansinya sesuai kebutuhan Anda. Alih-alih membaca ulang suatu teks yang belum dipahami, lebih baik baca teks tersebut secara aktif sejak awal. 

Nah, kata aktif di sini berarti mempertanyakan isi, memvisualisasikan isi bacaan, menghubungkan poin-poin di bacaan tersebut dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, dan mengevaluasi teks yang telah dibaca. 

Teknik membaca aktif ini membuat Anda membaca secara aktif, sehingga bisa memahami dan menangkap informasi yang ada di dalamnya. Tak perlu khawatir akan kesulitan, karena teknik membaca ini bisa dilakukan siapa saja, bahkan mulai dari murid sekolah hingga kalangan profesional. 

Manfaat Teknik Active Reading di Dunia Kerja 

Di dunia kerja sendiri, teknik membaca aktif menawarkan sejumlah manfaat, antara lain: 

Memperluas Pengetahuan 

Dengan membaca secara aktif, maka Anda bisa memahami informasi yang disampaikan secara mendalam. Dengan menggunakan teknik ini di bidang pekerjaan Anda, maka pengetahuan Anda pun akan meningkat dengan pesat. 

Berpikir Kritis  

Manfaat active reading yang pertama adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis, karena otak Anda akan terpicu untuk menjadi tahu banyak hal baru dan mengajukan berbagai pertanyaan penting, sehingga meningkatkan jumlah informasi baru yang masuk ke dalam otak. 

Kemampuan berpikir kritis ini meningkatkan pengetahuan tentang banyak hal, sehingga sangat penting demi perkembangan karier. 

Meningkatkan Kreativitas 

Ketika Anda terbiasa membaca secara aktif, maka Anda akan tertarik untuk membaca teks atau buku dengan topik lain. Melansir laman Business News Daily, membaca teks atau buku dengan berbagai macam topik secara tidak langsung akan meningkatkan kreativitas.

Dengan demikian, maka kreativitas Anda akan senantiasa aktif, sehingga lebih mudah untuk menyelesaikan pekerjaan dan mencari solusi untuk berbagai masalah. 

Melatih Komunikasi  

Setelah membaca suatu teks atau buku secara aktif, maka Anda bisa mendiskusikannya dengan orang lain yang juga membacanya.   

Selain itu, Anda juga bisa menjelaskan isinya kepada orang yang belum membacanya. Awalnya orang itu mungkin tidak langsung mengerti penjelasan Anda. Namun, semakin sering Anda membaca aktif, maka perlahan-lahan Anda akan mampu mengomunikasikan isi teks atau buku itu dengan jelas.     

Cara Mempraktikkan Active Reading 

Setelah memahami pengertian dan manfaat active reading, kini saatnya untuk memahami cara mempraktikkannya, yaitu:  

Tandai Kata-Kata Penting 

Tandai beberapa kata yang Anda anggap penting. Jadi, jika Anda perlu rehat sejenak usai membaca, saat kembali nanti, maka Anda bisa melihat berbagai poin penting dan mengingat apa yang terakhir Anda baca dan pahami.  

Mencatat Kata-Kata Baru 

Saat membaca, Anda mungkin menemukan beberapa kata sulit yang Anda belum tahu artinya. Alih-alih melewatkannya, sebaiknya cari tahu arti kata-kata itu dan catat arti dari setiap kata itu. 

Hal itu dapat menambah diksi, sehingga tidak hanya melatih kemampuan untuk membaca aktif, tetapi juga kemampuan menulis Anda.   

Menulis Outline 

Selanjutnya, tuliskan outline tentang apa saja yang telah Anda baca. Cari kata kunci yang menggambarkan inti dari satu paragraf dan tuliskan di samping paragraf itu.

Setelah menemukan kata kunci dari setiap paragraf, baca kembali dan pastikan Anda dapat mengingat inti paragraf lewat kata kunci itu. Jika belum bisa, maka Anda perlu membacanya ulang dan mencari kata kunci yang lebih tepat. 

Memvisualisasikan Hasil Bacaan

Membaca dan mengingat teks atau buku yang cukup panjang memang rumit. Maka dari itu, Anda bisa memvisualisasikannya jadi mind map atau diagram sesuai kenyamanan Anda.   

Visualisasi yang baik dan jelas dapat membantu Anda untuk memahami ide utama dan inti dari teks yang Anda baca serta mengingatnya. 

Kesimpulan  

Layaknya active listening, teknik active reading sangat penting di berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia  kerja. Teknik ini dapat membuat Anda dapat memahami suatu teks atau buku secara mendalam. Untuk mempraktikkannya, silakan lakukan berbagai tahapan di atas. Salam sukses! 

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini