5 Tips Membuat Laporan Keuangan Perusahaan

Laporan keuangan mencerminkan kesehatan suatu perusahaan. Namun, tak sedikit yang kesulitan untuk membuatnya. Jika Anda mengalaminya, simak deretan tips membuat laporan keuangan di bawah ini. 

5 Tips Membuat Laporan Keuangan 

Laporan keuangan berdampak pada pengambilan keputusan perusahaan. Maka dari itu, laporan ini harus disusun dengan benar dan akurat. Berikut adalah tips untuk membuat laporan keuangan dengan mudah: 

Catat Semua Pemasukan dan Pengeluaran 

Pertama, catat semua pemasukan dan pengeluaran Anda secara rinci. Pada awal masa pencatatan, hal ini mungkin terasa rumit. Namun, jika sudah terbiasa, maka hal ini akan terasa mudah. 

Jika transaksi Anda terlalu banyak, maka Anda dapat menggunakan software ERP akuntansi untuk mencatatnya dengan otomatis dan praktis. 

Gunakan Metode Pencatatan Akrual  

Di dalam akuntansi, 2 metode pencatatan yang bisa Anda terapkan, yakni: metode berbasis kas dan metode berbasis akrual. Metode berbasis kas mencatat transaksi tepat saat kas diterima atau saat pembayaran terjadi. Metode ini dianggap lebih mudah oleh perusahaan dengan jumlah transaksi yang masih sedikit. 

Namun, perusahaan menengah ke atas umumnya menggunakan metode pencatatan berbasis akrual. Hal ini karena metode ini mencatat transaksi yang seharusnya menjadi pendapatan dan beban, terlepas dari belum atau telah diterima dan dikeluarkannya uang.   

Dengan demikian, metode akuntansi berbasis akrual mencerminkan kondisi yang lebih akurat dan meminimalkan risiko kesalahan pencatatan untuk transaksi yang banyak.  

Tulis Keterangan  

Berikan keterangan yang jelas dan rinci untuk setiap pencatatan yang membutuhkannya. Salah satu pencatatan yang membutuhkan keterangan adalah pencatatan utang dan piutang dengan ketentuan diskon tertentu. Hal ini akan memudahkan proses analisis keuangan.  

Tentukan Deadline  

Tentukan deadline (tenggat waktu) pelaporan keuangan agar dapat dianalisis dengan tepat dan patuhi deadline tersebut. Agar lebih jelas, Anda bisa menentukan periodenya, seperti per bulan atau per tahun. Setelah menentukannya, pastikan Anda mematuhinya demi kelancaran proses bisnis. 

Gunakan Sistem ERP 

Terakhir, gunakan sistem ERP yang menyediakan modul finance & accounting beserta modul-modul lainnya untuk mencatat transaksi secara otomatis dan terintegrasi dengan proses bisnis lainnya. 

Salah satu sistem ERP yang dapat membantu pencatatan Anda adalah ERP custom iDempiere. Ya, ERP iDempiere dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan pencatatan keuangan dan keunikan proses bisnis setiap perusahaan.   

Selain menyediakan berbagai modul, seperti finance & accounting, supply chain management, dan project management, ERP iDempiere juga dapat digunakan tanpa batasan jumlah pengguna (unlimited user). 

Kesimpulan 

Laporan keuangan harus disusun dengan akurat dan sesuai deadline agar dapat segera dianalisis dengan benar demi pengambilan keputusan yang tepat. Agar lebih mudah, susunlah laporan keuangan dengan menerapkan kelima tips di atas. Terkait tips kelima, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266 untuk mengenal ERP iDempiere lebih jauh.  

en_US
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini