7 Tips Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Kondisi lingkungan kerja berdampak terhadap kinerja dan produktivitas karyawan. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan tips menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif.   

Lingkungan kerja yang tidak nyaman dapat memicu stres pada setiap karyawan dan berujung pada menurunnya produktivitas mereka. Perusahaan pun akan terkena imbasnya.    

7 Tips Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman dan Kondusif 

Banyak yang berpendapat bahwa lingkungan kerja yang kondusif ditentukan oleh setiap karyawan. Hal ini memang benar, tetapi ada 1 departemen yang bertanggung jawab atas hal ini, yaitu human capital.   

Human capital department (HCD) pada dasarnya berbeda dengan human resource department (HRD). Namun, dikarenakan berbagai pertimbangan, tak sedikit perusahaan yang hanya memiliki HRD tanpa HCD.  

Jika begitu, maka HRD bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Inilah deretan tips untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif: 

1. Rekrut Karyawan yang Sesuai  

Pertama, pastikan Anda merekrut karyawan yang sesuai dengan kualifikasi setiap posisi. Selain itu, gali pula kepribadiannya pada sesi interview. Anda juga dapat memberikan berbagai bentuk psikotes untuk mengetahui apakah kandidat tersebut cocok dengan budaya perusahaan Anda. 

2. Izinkan Karyawan untuk Berbagi Ide 

Arahkan para manajer setiap divisi untuk terbuka terhadap ide dan masukan dari karyawan. Untuk menerapkan hal ini, HRD dan/atau HCD juga harus terbuka terhadap ide, kritik, dan saran dari karyawan. Dengan demikian, karyawan tidak akan takut untuk berpendapat dan lingkungan kerja pun akan jadi lebih kondusif. 

3. Bangun Komunitas di Tempat Kerja 

Buatlah tempat kerja terasa seperti komunitas dengan membudayakan untuk saling bertegur sapa. Meski terdengar sederhana, tetapi cara ini dapat mengakrabkan satu sama lain. Hal ini harus dimulai dari pihak manajemen puncak agar setiap karyawan terpicu untuk turut menyapa satu sama lain. Dengan demikian, suasana kantor akan jadi lebih nyaman dan ketegangan pun akan berkurang.  

4. Berikan Karyawan Kebebasan

Anda juga dapat memberikan beberapa kebebasan kepada karyawan. Mulai dari kebebasan untuk memilih posisi kerja, memasak di pantry, hingga membawa tanaman favorit untuk menjaga stabilitas mood

5. Perhatikan Pencahayaan  

Pencahayaan yang terang dan nyaman juga mendukung kenyamanan lingkungan kerja. Disarankan untuk membangun jendela yang dapat menghantar cahaya matahari ke dalam ruangan demi meningkatkan mood karyawan. Jika tidak bisa, maka gunakan lampu berwarna biru, sehingga dapat meningkatkan rasa bahagia dan mengurangi rasa lelah. 

6. Sediakan Peralatan yang Lengkap 

Untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman perusahaan juga perlu menyediakan peralatan kerja yang lengkap dan memadai. Contoh: printer dengan tinta berwarna dan hitam-putih, laptop dan charger, alat tulis, LCD, dan lain sebagainya. Hal ini akan membantu para karyawan untuk bekerja dengan cepat dan tepat.  

6. Sediakan Ruang Bermain 

Sediakan pula ruang bermain yang berisi, meja tenis, meja billiard, bean bug, mesin kopi, dan lain sebagainya untuk karyawan refreshing sejenak dari pekerjaannya.   

7. Transfer Gaji Tepat Waktu 

Terakhir, pastikan Anda mentransfer gaji dan allowance secara tepat waktu dengan nominal yang tepat pula bagi setiap karyawan. Jika jumlah karyawan di perusahaan Anda sudah terlalu banyak, maka saatnya menggunakan ERP payroll dari software ERP iDempiere. ERP iDempiere dapat diandalkan untuk menghitung seluruh komponen gaji setiap karyawan dan mendistribusikannya dengan akurat dan tepat waktu.     

Kesimpulan 

Demikianlah deretan tips untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif. Silakan ingat dan terapkan di perusahaan Anda. 

Untuk pembayaran gaji (payroll) secara tepat waktu, Anda dapat menggunakan software ERP iDempiere. Selain untuk payroll, ERP iDempiere juga hadir dengan sejumlah modul lain, seperti software manajemen konstruksi, software asset management Indonesia, software akuntansi terbaik, dan masih banyak lagi. 

Selaku software ERP Indonesia terbaik, ERP iDempiere dapat mengotomatisasi seluruh proses operasional bisnis secara terintegrasi. Jadi, Anda hanya membutuhkan 1 software untuk seluruh proses operasional.   

Uniknya lagi, ERP custom ini dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan setiap perusahaan dan digunakan tanpa batasan jumlah pengguna (unlimited user). Untuk informasi lebih lanjut terkait modul dan implementasi ERP iDempiere, hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.  

en_US
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini