3 Manfaat ERP Logistik Software

Manfaat ERP Logistik Software
Manfaat ERP Logistik Software

Software perencanaan sumber daya perusahaan atau ERP menggabungkan berbagai aplikasi yang memfasilitasi aliran informasi dalam suatu organisasi. Karena itu, software ERP menjadi alat yang ampuh untuk perusahaan di bidang logistik.

Perangkat lunak ini memungkinkan operator untuk mengelola fungsi bisnis, seperti distribusi produk hingga pemeliharaan staf. Selain itu, ERP logistik software juga bisa menyediakan data berharga bagi perusahaan di setiap tahap rantai pasokan.

Apa saja manfaat ERP logistik software?

Software ERP (Enterprise Resource Planning) dapat diartikan sebagai konsep yang dibuat untuk merencanakan dan mengelola sumber daya perusahaan. Dengan menggunakan software ini, pekerjaan menjadi lebih efisien dan memberi keuntungan bagi semua pihak.

Perlu diketahui, perangkat lunak satu ini dikembangkan untuk menggantikan sistem-sistem yang terpisah menjadi terintegrasi sehingga pengelolaannya jauh lebih efektif dan efisien. Nah, beberapa manfaat dari logistik management software, antara lain sebagai berikut:

  1. Mengoptimalkan kontrol inventaris

Dengan ERP, perusahaan dapat mengelola inventaris di dasbor yang dipersonalisasi sehingga memungkinkan untuk melihat pesanan, penjualan, dan pengiriman dari satu lokasi terpusat. Karena itu, hal ini memungkinkan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Keputusan yang bisa diambil tersebut, berupa perusahaan dapat membuat prediksi tentang pesanan di masa mendatang berdasarkan tren penjualan sebelumnya. Logistik software juga bisa membantu mempercepat waktu distribusi.

Penelitian menunjukkan bahwa perangkat lunak ini dapat mempercepat waktu pemesanan hingga pengiriman untuk distributor sebesar 23 persen. Software logistik gudang satu ini hadir dengan analitik data waktu nyata yang memberikan kecerdasan bisnis berharga bagi perusahaan.

  1. Meningkatkan distribusi

Software logistik distribusi, termasuk ERP memungkinkan operator pengiriman untuk meningkatkan aliran manajemen distribusi dari pemenuhan produk hingga transportasi. Program-program ini mengumpulkan data dari berbagai sumber yang kemudian ditampilkan melalui peta, bagan, dan grafik.

Pengguna ERP logistik modul mengacu pada data untuk meningkatkan penanganan fisik dan pengiriman barang dari pusat distribusi dan memastikan klien menerima pesanan tepat waktu. Banyak alat ERP membina komunikasi antara pemasok, distributor, dan pengecer.

Hal ini memungkinkan operator mengirimkan informasi langsung ke pengemudi, seperti laporan lalu lintas dan alamat pelanggan. Penelitian menunjukkan bahwa data yang akurat dan real-time tentang proses bisnis perusahaan akan mengurangi biaya operasional dan administrasi masing-masing sebesar 23 persen dan 22 persen.

Perusahaan yang menginginkan wawasan lebih akurat tentang metode distribusinya dapat menyesuaikan program ERP. Sembilan puluh tiga persen pengguna ERP telah mempersonalisasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

  1. Terorganisir dan Fleksibel

Software ERP adalah sumber daya yang berguna untuk pemeliharaan staf. Operator akan mengatur jam kerja karyawan dan istirahat melalui perangkat lunak dan mengumpulkan informasi mengenai kinerja staf dan lebih teroganisir.

Software ERP Indonesia saat ini sudah memiliki lapisan keamanan tambahan yang bisa melindungi data perusahaan. Jenis perangkat lunak ini mencadangkan data staf, baik gaji, kontrak, dan catatan kehadiran sehingga pengguna dapat mengakses informasi dengan mudah.

ERP juga mengenkripsi data untuk mencegah peretas mengakses informasi sensitif. Karena itu, erp logistics software yang dipilih harus tepat sehingga tidak terjadi kesalahan di masa mendatang.

Keuntungan software ERP Kosta Consulting

Salah satu logistics software open source yang bisa digunakan adalah iDempiere. iDempiere merupakan software ERP open source yang menggunakan lisensi General Public License atau GPL dimana bisa menjadi salah satu pilihan tepat.

Keuntungan iDempiere yang bisa didapatkan, antara lain tidak ada biaya lisensi, dapat di kostumasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan tidak ada biaya tambahan untuk user. Untuk itu, pastikan untuk memilih sistem software yang tepat agar keuntungan maksimal bisa didapatkan.

id_ID
en_US id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini