Berbagai Manfaat Aplikasi Akuntansi Keuangan

Tak dipungkiri, jika ingin perusahaan yang sedang kita pimpin dapat maju, maka tata kelola keuangannya pun harus baik. Perihal tata kelola keuangan perusahaan ini tidak lepas dari aspek akuntabilitas. Dimana seluruh kegiatan perusahaan harus tercatat dan terukur dengan benar. Demikianlah mengapa perusahaan akhirnya merasakan berbagai manfaat aplikasi akuntansi keuangan. Karena membantu mengukur dan mencatat seluruh aset dan kegiatan perusahaan secara numerik.

Dalam istilah yang lebih kekinian, aplikasi akuntansi keuangan sudah menjadi bagian dari Enterprise Resource Planning (ERP). Sementara ERP sendiri merupakan sebuah penggabungan sistem tata kelola lintas fungsi, yang meningkatkan otomatisasi data dalam sebuah perusahaan. Sehingga efisiensi dan efektivitas perusahaan dapat meningkat, khususnya di bagian internal.

Mari kita kembali lagi pada aplikasi akuntansi keuangan yang kita bahas di awal. Mengingat semakin besar sebuah perusahaan, maka semakin besar juga data yang terdapat di dalamnya. Maka penggunaan aplikasi keuangan ERP akan sangat membantu. Bukan hanya menyimpan, tetapi juga mengelola seluruh data yang ada, seperti Pajak, Biaya Produksi (COGS), Invoice, report dan masih banyak lainnya. Karena akan menjadi masalah yang besar jika menggunakan menggunakan sistem keuangan yang tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Agar para pemimpin organisasi dapat memiliki bayangan mengenai pentingnya aplikasi yang membantu mengelola keuangan dan akuntansi sebuah perusahaan, mari kita kupas beberapa manfaat tersebut.

Data real-time

Secara berkala, perusahaan harus mengecek seluruh laporan dari tiap bagian. Jika dilakukan secara manual, mengelaborasi data demi mengetahui data secara real-time merupakan hal yang sulit. Sebaliknya, dengan menggunakan software keuangan, justru pengecekan data realtime bisa lebih cepat tersaji di genggaman.

Mengecek performa

Setiap divisi tentu memiliki key performance indicator (KPI) yang berbeda-beda. Dengan bantuan software, maka seluruh performa keuangan dapat terpantau sesuai dengan KPI masing-masing. Karena sistem sudah dapat mengenali setiap indikator yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perusahaan.

Integrasi Data

Data perusahaan yang terus bertambah bukanlah hal yang mudah untuk dikelola. Termasuk untuk mengintegrasikan data tersebut. Oleh karena itulah, software akuntansi keuangan yang digunakan akan membantu perusahaan anda untuk mengintegrasikan data. Sehingga kemungkinan adanya data yang tidak terinput dan tercecer semakin kecil.

Mempermudah Tagihan

Dengan sistem yang sudah terintegrasi, makan perusahaan akan lebih muda untuk mendata tagihan internal dan eksternal. Bahkan untuk melacak proses penagihan dan pembayaran yang dilakukan, sudah dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Penyesuaian faktur

Sebagai perusahaan yang terdaftar secara sah di Indonesia, maka akan ada banyak peraturan pajak yang harus dipatuhi. Dengan integrasi data, maka sistem pun dapat membantu penyesuaian faktur. Sehingga perusahaan tidak perlu takut ada peraturan pajak yang terlewatkan.

Semua manfaat yang sudah disebutkan juga sudah ada pada software ERP iDempiere, Pengelolaan keuangan hingga Penjualan seperti modul CRM, manajemen proyek yang dapat anda nikmati dan tentunya ERP iDempiere bisa menjadi salah satu pilihan untuk perusahaan anda.

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini