Perbedaan Down Payment dan Advance Payment di Dalam Pembelian

Saat hendak membeli suatu barang dengan nominal yang cukup besar, Anda mungkin ditawarkan pembayaran kredit dengan down payment tertentu. Tidak sedikit yang menyamakan down payment dan advance payment, karena sama-sama dibayar di muka. 

Padahal advance payment (pembayaran di muka) dan down payment (uang muka) adalah dua hal yang berbeda. Simak perbedaan padi bawah ini. 

Pengertian Down Payment    

Down payment adalah pembayaran tunai sebagian dari harga barang atau jasa yang dibeli sebelum melunasinya secara penuh. Down payment atau DP diperlukan saat Anda membeli barang dan jasa yang cukup mahal, seperti rumah, apartemen, mobil, motor, jasa pembuatan mural, dan lain sebagainya. 

Meskipun pelunasan pembeliannya pasti dicicil, tetapi down payment berfungsi sebagai jaminan kepada penjual bahwa Anda selaku pembeli akan melunasi pembelian tersebut.  

Sementara bagi Anda, fungsi down payment adalah untuk mengamankan posisi barang atau jasa itu untuk diri Anda sendiri agar tidak bisa dibeli oleh orang lain. Semakin banyak down payment yang Anda bayarkan di awal, maka akan semakin kecil cicilan yang harus Anda bayar. 

Jika penjual membatalkan penjualan karena alasan seperti barang rusak atau tidak mampu memenuhi jasa yang diminta, down payment umumnya dapat dikembalikan 100% kepada pembeli. Namun, hal ini tergantung perjanjian yang ditandatangani kedua belah pihak. Ada juga penjual yang mengembalikan down payment sebesar 20% atau 50% saja.  

Pengertian Advance Payment 

Sementara advance payment atau yang dikenal sebagai pembayaran di muka adalah pembayaran kepada penjual sebelum barang yang dipesan dikirimkan kepada pembeli. 

Metode pembayaran ini kerap digunakan di dalam kegiatan ekspor dan diberlakukan untuk pembeli yang telah menjadi pelanggan loyal. Khusus kegiatan ekspor, mata uangnya juga bisa ditentukan, menggunakan mata uang negara eksportir atau negara importir.  

Kesimpulan Perbedaan Down Payment dan Advance Payment 

Perbedaan keduanya yang paling utama terletak di porsi pembayarannya. Down payment adalah pembayaran sebagian, sedangkan advance payment adalah pembayaran keseluruhan.  

Selain itu, down payment bisa dilakukan oleh semua pembeli. Sementara advance payment umumnya hanya bisa dilakukan oleh pembeli yang telah berlangganan cukup lama.        

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini