5 ERP Cloud-Based Terbaik untuk Kolaborasi Kerja

Seiring perkembangan zaman, semakin banyak software yang berbasis cloud, salah satunya ERP cloud-based atau yang biasa dikenal sebagai ERP cloud. ERP (Enterprise Resource Planning) sendiri adalah software bisnis yang mampu mengotomatisasi seluruh proses bisnis secara terintegrasi.  

ERP cloud adalah software-as-a-service (SaaS) yang dapat diakses menggunakan internet dari mana saja dan kapan saja. Hal ini tentu memudahkan proses kerja remote yang sedang marak-maraknya akibat pandemi Covid-19. Software ERP cloud mampu mempermudah kolaborasi kerja setiap divisi dan menjamin keamanan data perusahaan. 

5 ERP Cloud-Based Terbaik 

Lantas, apa saja ERP cloud terbaik yang bisa digunakan demi kolaborasi kerja yang efektif? Simak 5 pilihannya berikut ini:  

iDempiere  

ERP cloud dari iDempiere diinstal di Infrastructure-as-a-Service (IaaS) yang aman dan terpercaya, yaitu: Amazon Web Service. Sebagai web-based ERP (ERP berbasis web), iDempiere dapat dioperasikan di semua sistem operasi selama terhubung dengan jaringan internet dari server dan client

ERP yang dibangun komunitas global ini menyediakan berbagai modul yang terintegrasi untuk seluruh proses bisnis, antara lain: e-procurement, finance & accounting management, supply chain management, inventory management, warehouse management system, asset management, customer relationship management, sales force, dan human resources information system.   

Sebagai ERP open-source, iDempiere yang sudah dirancang berdasarkan best practice, tetap bisa dikonfigurasi sesuai kebutuhan dan keunikan proses bisnis perusahaan tanpa mengganggu core system. Tak hanya itu, ERP iDempiere juga dapat digunakan tanpa batasan jumlah pengguna (unlimited user). 

Microsoft Dynamics 365 

Microsoft juga menawarkan cloud-based ERP yang terintegrasi dengan seluruh produk Microsoft lainnya. Dengan sistem berlangganan setiap bulannya, Anda bisa menggunakan berbagai modul penting, di antaranya: sales, CRM, SCM, field service, human resource, finance & operations, commerce, project service automation, marketing, dan business central.    

Selain ERP cloud, Microsoft Dynamics juga menyediakan ERP yang bisa diakses secara offline. Keduanya hadir dengan tampilan yang menarik dan alat pelaporan yang jelas, sehingga cocok untuk manajemen yang kompleks.   

Oracle 

Oracle menawarkan SaaS dengan layanan finance, fixed asset, order management, supply chain, entity relationship, dan masih banyak lagi. Dilengkapi perangkat yang modern dan user-friendly, Oracle dapat diandalkan untuk mengelola data yang berasal dari multi server

Namun, untuk menikmati sejumlah keuntungan tersebut, tentu dibutuhkan biaya yang cukup tinggi. Selain itu, dibutuhkan juga hardware berspesifikasi tinggi untuk mengoperasikannya, sehingga belum tentu cocok untuk perusahaan berskala kecil dan menengah.  

SAP 

SAP ERP hadir dengan 3 modul penting, antara lain: Financial dan Controlling, Material Management, dan Sales and Distribution. Tak hanya itu, SAP ERP juga dapat diintegrasikan dengan e-commerce, yang tentu saja sangat membantu efisiensi perusahaan dagang masa kini. 

Meski sangat bermanfaat, tetapi biaya yang dibutuhkan untuk implementasi ERP SAP cukup besar, sehingga memerlukan pertimbangan yang matang, agar tidak mengalami kerugian yang besar.  

Odoo

ERP Odoo terintegrasi dengan web builder, online shop, CRM, aplikasi penjualan, dan Point of Sales. Odoo juga melayani penerapan, penyesuaian, implementasi, dan training. ERP Odoo hadir dengan berbagai modul penting, antara lain: inventory, finance & accounting, sales, employees, dan masih banyak lagi. 

Namun, melansir e2enetworks, biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan Odoo cukup besar, termasuk untuk fitur tambahan. Selain itu, layanan dan pemeliharaan yang diberikan pun terbatas.  

Kesimpulan 

ERP cloud-based dapat meningkatkan efisiensi bisnis perusahaan, terutama bagi perusahaan dengan sistem kerja kolaborasi dari wilayah yang berbeda (remote). Kelima ERP di atas memiliki lelebihan dan kekurangan masing-masing. Silakan pilih sesuai kebutuhan perusahaan dan dana yang tersedia.     

en_US
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini