ERP MENJADI SALAH SATU PENGGERAK BISNIS

ERP MENJADI SALAH SATU PENGGERAK BISNIS

ERP (Enterprise Resource Planning) menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menggerak roda bisnis. Berkembangnya inovasi dibidang teknologi yang sangat pesat ditambah dengan keadaan pandemi seperti sekarang, mau tidak mau perusahaan harus melakukan sebuah tindakan yang tepat, mengikuti perkembangan atau menjadi salah satu pelopor dari perkembangan teknologi tersebut.

Jika tidak segera maka akan terkena imbasnya, banyak perusahaan yang tidak bisa bergerak sama sekali. Penjualan yang menurun, tingkat produktivitas pegawai atau karyawan yang berkurang hingga tidak ada sistem yang bisa mengelola sebuah bisnis secara terintegrasi dan optimal mulai dari penjualan, inventaris, logistik, pembelian (procurement) hingga sumber daya manusia (Human Resource) .

PENGERTIAN ERP SECARA SINGKAT SERTA TUJUAN ERP

ERP adalah software atau perangkat lunak yang dibuat untuk mengintegrasikan sebuah proses bisnis dan diaplikasikan kedalam sistem yang terpadu. Dengan tujuan untuk memudahkan para pelaku usaha dan bisnis atau owner melakukan perencanaan serta mengambil keputusan yang tepat untuk memajukan bisnis dan dapat bersaing dengan usaha dan bisnis lainnya.

Lihat juga PERKEMBANGAN SOFTWARE ERP

Dengan sistem yang dapat terintegrasi seperti ERP tentu saja ini menjadi salah satu sistem pokok pada sebuah instansi perusahaan dalam skala besar, karena tidak mungkin perusahaan dalam skala besar tidak memiliki sistem yang terpadu dalam perencanaan bisnis, dibutuhkan sistem yang dapat menunjang perencanaan bisnis untuk meminimalisir terjadinya human eror atau kesalahan pada sumber manusia tersebut.

MANFAAT ERP DALAM MENUNJANG PERGERAKAN BISNIS

Setiap perusahaan pastinya ingin meningkatkan bisnis mereka masing-masing, berikut adalah manfaat software ERP dalam menunjang pergerakan bisnis.

  1. Efisien : Efisien yang dimaksud disini tentunya membantu para karyawan untuk bekerja lebih cepat dan tepat waktu, dengan adanya sistem atau software ERP, tentunya memudahkan pekerjaan agar cepat selesai.
  2. Fleksibel : Karena tidak hanya digunakan pada industri Manufaktur saja ERP bahkan bisa digunakan hampir disemua industri bisnis. Menjadikannya sebuah sistem yang fleksibel dan tentunya dapat terintegrasi dengan instansi lainnya dalam sebuah perusahaan, seperti bagian HRD dengan keuangan dalam melakukan perekrutan calon pegawai dan penggajian karyawan.
  3. Servis : Dapat meningkatkan servis atau pelayanan pada customer pada suatu perusahaan, serta melakukan invetaris data-data penting yang tersimpan dengan rapi pada suatu sistem
  4. Produktivitas : Kinerja atau produktivitas pada suatu perusahaan akan menjadi lebih baik lagi, dalam hal penjualan, sumber daya manusia, serta dapat menurunkan biaya operasional hanya dengan satu sistem yang dapat terintegrasi.

Dari manfaat yang sudah disebutkan di atas, merupakan salah satu peran penting sebuah sistem yang dapat terintegrasi dapat menggerakkan roda bisnis di Indonesia.

APAKAH PERUSAHAN ANDA SUDAH MEMILIKI SISTEM ATAU SOFTWARE ERP YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN?

Jika belum maka Kosta Consulting sebagai penyedia layanan software ERP dapat menjadi salah satu pilihan atau vendor ERP yang tepat untuk menunjang kebutuhan sistem yang sesuai dengan perusahaan anda.

INDUSTRI YANG TEPAT UNTUK MENGGUNAKAN SOFTWARE ERP

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya walaupun awal tujuan dibuat ERP untuk industri manufaktur tapi perkembangan software ERP yang pesat hingga saat ini hampir bisa digunakan untuk beberapa industri bisnis, antara lain:

  1. Pertambangan seperti oil and gas, drilling, Batubara dll
  2. Jasa dan Konsultasi seperti Asuransi, IT atau teknologi, layanan keuangan atau finance dll
  3. Konstruksi dan Infrastruktur
  4. Kesehatan seperti Rumah sakit, Farmasi dll
  5. Logistik ekspor import untuk kawasan berikat
  6. Pendidikan
  7. Perkebunan
  8. Instansi Pemerintahan

Hampir semua industri pastinya mendistribusikan dan melakukan pencatatan serta melakukan penjualan maka dari itu diperlukan sebuah sistem yang dapat mencatat dan dapat melakukan segala kebutuhan atau terintegrasi hanya dengan satu sistem.

KONSULTASIKAN KEBUTUHAN SISTEM YANG TEPAT DENGAN VENDOR YANG TEPAT

Sebelum anda memilih sesuatu apalagi sebuah sistem yang akan diterapkan pada perusahaan dan bisnis anda, lakukanlah konsultasi terlebih dahulu dan sesuaikan selalu dengan kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk menunjang produktivitas usaha dan bisnis anda. Karena ada banyak pilihan modul yang terdapat dalam sistem ERP dan tidak semua modul sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Contohnya seperti industri Jasa, perusahaan yang bergerak dibidang jasa seperti asuransi tidak memerlukan modul manufaktur untuk menunjang bisnis mereka.

Karena banyak sekali perusahaan yang memiliki sebuah sistem tapi tidak sesuai dengan kebutuhan mereka, alhasil menjadi pemborosan dan tentunya sangat tidak efisien untuk sebuah perusahaan. Jika anda masih mencari vendor sistem erp yang tepat bisa langsung menghubungi kami untuk melakukan konsultasi kebutuhan sistem untuk perusahaan anda.

Demikian penjelasan singkat mengenai ERP sebagi salah satu penggerak bisnis di Indonesia semoga bisa membantu anda untuk menjadikan Kosta Consulting sebgai referensi pilihan vendor yang tepat untuk perusahaan dan bisnis.

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini