Langkah Tepat Memilih Software ERP Perusahaan Manufaktur

erp perusahaan manufaktur

Teknologi informasi saat ini sudah semakin berkembang, termasuk salah satu inovasi yang populer digunakan yakni software akuntansi. Software ini biasanya digunakan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan untuk mengelola data keuangan dengan lebih efisiensi.

Namun, sebuah perusahaan yang membutuhkan software akuntansi harus mengetahui langkah tepat dalam memilihnya. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tips memilih software ERP akuntansi perusahaan Manufaktur yang perlu diketahui.

Bagaimana cara memilih software ERP perusahaan manufaktur?

Seorang pemilik bisnis biasanya memerlukan software akuntansi terbaik untuk mencatat pendapatan dan pengeluaran bisnis. Namun, sekarang sudah terlalu banyak produk software ERP yang tersedia di pasaran sehingga sulit untuk menentukan software ERP untuk perusahan manufaktur paling tepat.

Nah, untuk meminimalkan kesalahan ketika memilih software untuk manufaktur maka terdapat langkah tepat yang harus diketahui. Beberapa cara tepat memilih software untuk perusahaan manufaktur, antara lain sebagai berikut:

1.Perhatian tingkat keamanan penyimpanan data

Software perusahaan manufaktur harus memiliki tingkat keamanan penyimpanan data yang baik. Jika ingin menggunakan program akuntansi, maka pemilik bisnis juga harus memastikan jaminan keamanan terhadap data yang dimiliki.

Perusahaan yang ingin maju, termasuk manufaktur harus bisa mempertimbangkan pilihannya untuk menginvestasikan pada sebuah software. Perusahaan manufaktur sendiri merupakan perusahaan yang menjual berbagai berbagai barang mewah atau bahan baku dan bahan setengah jadi.

Kegiatan operasional yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur sangatlah banyak sehingga perlu kemampuan keamanan penyimpanan data tingkat tinggi. Karena itu, penting untuk mengetahui keamanan software akuntansi perusahaan manufaktur baik dari pembobolan data secara offline maupun online.

2.Online atau offline

Software akuntansi untuk perusahaan manufaktur yang beredar saat ini terdiri dari dua basis sistem, yakni offline atau online. Sistem offline masuknya adalah perusahaan harus memasukkan data tersebut langsung dari komputer pusat yang terintegrasi dengan sistem program.

Sementara itu, untuk sistem online biasanya bisa dikendalikan oleh pemilik bisnis dari mana saja asalkan memiliki kode aksesnya. Dilihat dari keuntungannya ini, software dengan sistem online bisa menjadi pilihan yang tepat. Pemilik sebuah bisnis bisa memilih software akuntansi manufaktur gratis untuk menunjang kebutuhan yang dimiliki.

Karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan software akuntansi online karena data keuangan bisa dipantau secara realtime. Data keuangan juga bisa dilihat dengan mudah dan cepat karena menggunakan internet untuk mengaksesnya.

3.Dapat membackup data

Penting untuk sebuah software produksi manufaktur gratis memiliki fitur back up data. Seluruh laporan keuangan umumnya lebih sering diakses dengan menggunakan microsoft excel. Karena itu, ada baiknya untuk memilih software akuntansi yang menyediakan layanan fitur impor dan ekspor data berupa excel.

Fitur ini tak hanya mempermudah pengaksesan data, namun juga memastikan keamanan data secara tidak terduga. Bug ataupun kesalahan pada sistem software juga bisa diminimalisir karena data sudah disimpan dengan baik sebelum sempat hilang.

4.Sesuaikan fitur dengan kebutuhan

Agar perusahaan tidak mengeluarkan uang terlalu banyak, pastikan untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan. Umumnya, software akuntansi untuk manufaktur memiliki beberapa fitur dan layanan berupa pengelolaan data utang dan piutang, pajak, faktor, serta laporan lainnya.

Dengan adanya fitur tersebut, maka akan semakin mahal pula harga yang mungkin ditawarkan. Karena itu, sebaiknya pilihlah dengan cermat software yang akan digunakan dengan melihat kebutuhan perusahaan.

Keuntungan software ERP Kosta Consulting

Software ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan aplikasi program yang dirancang untuk mendukung dan melayani berbagai fungsi dalam sebuah perusahaan. Nah, salah satu software ERP Indonesia terbaik yang bisa menjadi pilihan adalah iDempiere.

iDempiere merupakan software ERP open source yang beroperasi dengan menggunakan sistem database PostgreSQL. Keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan sistem ERP satu ini adalah tidak ada biaya lisensi, dapat di kostumasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan tidak ada biaya tambahan untuk user.

id_ID
en_US id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini