Pengertian Opportunity Cost dan Perhitungannya

Opportunity cost atau biaya peluang merupakan salah satu biaya yang ada di dalam ilmu ekonomi. Perhitungan ini sangat membantu ketika Anda dihadapkan pada 2 pilihan. Yuk, simak pengertian opportunity cost dan perhitungannya di bawah ini. 

Pengertian Opportunity Cost     

Pengertian opportunity cost adalah biaya yang muncul dari kerugian karena mengorbankan 1 pilihan ekonomi demi pilihan ekonomi lain. Sederhananya, opportunity cost adalah kerugian atau keuntungan yang berasal dari pengambilan suatu keputusan. 

Di bidang ekonomi, analogi ini banyak digunakan untuk membandingkan pilihan investasi dengan mengukur dampak yang timbul jika memilih sebuah pilihan investasi di atas yang lainnya. 

Di dalam perusahaan dagang, perhitungan ini juga diperlukan, terlebih saat menghadapi kelangkaan sumber daya. Biaya peluang merupakan tolak ukur untuk menetapkan produk apa yang akan diproduksi dan jumlah biaya produksinya, sehingga menghasilkan keuntungan jangka panjang. 

Tak hanya di dalam dunia dagang dan investasi, opportunity cost juga dibutuhkan di dalam kehidupan sehari-hari. Contoh: Anda memiliki uang sebesar Rp50.000, yang bisa dipakai untuk membeli makanan di luar rumah atau obat nyamuk. Anda harus memilih 1 yang akan menguntungkan dalam jangka panjang. 

Contoh Opportunity Cost 

Selain contoh di atas, perhitungan opportunity cost juga dibutuhkan di dalam berbagai peristiwa lain, seperti:   

Waktu

Apabila Anda memiliki waktu luang selama 8 jam setiap harinya, maka Anda bisa menggunakannya untuk melakukan side hustle (pekerjaan sampingan), mempelajari hal baru, atau menonton serial favorit hingga tamat sambil menikmati secangkir teh hangat.    

Jika Anda menghabiskan 8 jam itu untuk menonton serial favorit sampai tamat, maka Anda tidak bisa melakukan hal lainnya. Itulah opportunity cost yang harus Anda tanggung. 

Mulai Bekerja pada Usia Muda 

Jika Anda mulai bekerja selulus SMA pada usia 17 tahun tanpa kualifikasi khusus, maka Anda bisa segera mendapatkan uang. Namun, biaya peluang yang timbul adalah Anda akan kehilangan potensi untuk memperoleh kualifikasi dan bahkan gaji yang lebih tinggi dalam jangka panjang. 

Pembangunan Infrastruktur 

Jika pemerintah membangun infrastruktur tertentu, seperti jalan baru, maka anggaran pembangunan itu tidak bisa digunakan untuk bidang lain, seperti pendidikan atau kesehatan.   

Pemotongan Pajak 

Jika pemerintah menerapkan pemotongan pajak penghasilan, maka opportunity cost-nya adalah pendapatan pemerintah tidak bisa dialokasikan untuk membiayai berbagai aspek pengeluaran pemerintah. 

4 Manfaat Opportunity Cost 

Perhitungan opportunity cost tentu memiliki banyak manfaat bagi kehidupan ini. Berikut adalah rangkuman tentang manfaat opportunity cost

Merencanakan Masa Depan 

Opportunity cost membantu Anda untuk merencanakan masa depan dengan lebih baik. Dengan memahami dan menghitung opportunity cost, maka Anda akan mampu melakukan mitigasi risiko semaksimal mungkin. Hal itu membantu Anda untuk merencanakan dan membentuk masa depan yang lebih matang agar terhindar dari berbagai masalah. 

Melatih Kemampuan Pengambilan Keputusan  

Tak terbatasnya keinginan manusia dengan kondisi sumber daya yang terbatas mengharuskan manusia untuk memutuskan keinginan apa saja yang akan dipenuhi dan menyingkirkan yang tak dapat dipenuhi. 

Pada akhirnya pemahaman tentang opportunity cost akan menyadarkan Anda bahwa segalanya di dunia ini membutuhkan pengorbanan. Semakin besar keinginan Anda, maka semakin besar juga pengorbanan yang perlu Anda lakukan. 

Mengasah Kebijaksanaan 

Dengan memahami opportunity cost, maka Anda akan lebih bijaksana dalam menerima risiko dan melakukan pencegahan akan hal-hal buruk yang mungkin terjadi di masa depan.  

Memaksimalkan Potensi Peluang

Sesuai namanya, biaya peluang atau opportunity cost berbicara tentang peluang dan konsekuensi dari setiap keputusan yang diambil.  

Dengan memahami dan menghitung opportunity cost, maka Anda akan selalu termotivasi untuk memanfaatkan peluang dengan maksimal dan mengambil keputusan dengan risiko paling rendah.  

Batasan Opportunity Cost 

Batasan opportunity cost yang paling utama adalah kesulitan untuk memprediksi keuntungan di masa depan secara akurat. Oleh karena itu, Anda bisa mempelajari data historis untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang kinerja investasi atau prospek bisnis yang hendak Anda jalankan. Meski tidak mungkin 100% akurat, tetapi perhitungan biaya peluang tetap menjadi aspek penting saat hendak pengambilan keputusan untuk meminimalkan kerugian.  

Cara Menghitung Opportunity Cost 

Rumus opportunity cost di bawah ini hanya berlaku apabila pilihan-pilihan yang tersedia memiliki nominal yang dapat dihitung dengan pasti:   

Opportunity Cost = Nilai yang Dikorbankan (Foregone Option) – Nilai yang Diperoleh (Chosen Option)

Jika pilihan-pilihan Anda tidak memiliki nominal, maka ikuti prinsip di bawah ini: 

 Apabila dalam jangka pendek maupun panjang, Foregone Option lebih bernilai daripada Chosen Option, maka pilihan itu kurang menguntungkan. Jika sebaliknya, maka pilihan itu merupakan keputusan terbaik yang bisa Anda ambil. 

Contoh Perhitungan Opportunity Cost  

Agar lebih jelas, simak contoh soal opportunity cost di bawah ini lengkap dengan jawabannya:  

Setiawan memiliki dana sebesar Rp200.000.000 untuk diinvestasikan. Ia pun mempertimbangkan untuk investasi tanah atau Savings Bond Ritel (SBR). 

Dengan uang Rp200.000.000, Setiawan bisa membeli tanah sebesar 10 X 10 meter, dengan margin jual yang meningkat 3% per tahun. Sementara itu, pemerintah baru saja mengeluarkan SBR010 dengan kupon bunga 5% per tahun, pajak 10%, dan tenor 3 tahun. 

Berikut ini perbandingan antara keduanya: 

Kenaikan harga tanah 3 tahun lagi =

= [(3% X Rp200.000.000) X 3 tahun]

= Rp18.000.000  

Return investasi SBR010 3 tahun lagi =

= [(5% X Rp200.000.000) X 3 tahun]

= Rp30.000.000  

Return investasi SBR010 setelah pajak =

= Rp30.000.000 – (Rp30.000.000 X 10%)

= Rp30.000.000 – Rp3.000.000 

= Rp27.000.000 

Berdasarkan perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa return investasi SBR selisih lebih tinggi Rp9.000.000 daripada kenaikan harga tanah, sehingga Setiawan sebaiknya memilih untuk berinvestasi SBR.  

Kesimpulan 

Opportunity cost atau biaya peluang adalah keuntungan atau kerugian potensial yang hilang karena sebuah pilihan untuk diambil saat mempertimbangkan 2 pilihan. Meski sering digunakan untuk menentukan pilihan investasi, tetapi biaya peluang juga digunakan di dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan bisnis. 

Saat membangun suatu bisnis, Anda harus senantiasa memantau setiap biaya yang dikeluarkan untuk kemajuan bisnis Anda, termasuk implementasi ERP software untuk mengotomatisasi dan mengintegrasikan seluruh keunikan proses bisnis Anda.    

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini