Tata Cara Seleksi Karyawan yang Berkompetensi

Proses rekrutmen karyawan bertujuan untuk mendapatkan karyawan yang kompeten. Untuk itu, dibutuhkan tata cara seleksi karyawan yang baik dan benar. 

Seleksi karyawan yang efektif tak hanya dapat membantu Anda untuk menemukan karyawan yang berkompeten, tetapi juga mengurangi risiko turnover karyawan.  

Mengenal Prosedur Seleksi Karyawan  

Prosedur seleksi karyawan adalah salah satu tahap proses rekrutmen yang dilakukan perusahaan untuk memperoleh reputasi yang baik dan mendapatkan tenaga kerja yang kompeten.  

Adanya prosedur seleksi karyawan yang baik dan benar dapat membuat karyawan memilih bekerja di perusahaan Anda. Berikut adalah rangkuman tentang manfaat prosedur seleksi karyawan yang baik dan benar:     

  • Membangun citra perusahaan untuk memikat kandidat potensial. 
  • Mengurangi risiko turnover lewat kepuasan karyawan.     
  • Cepat memperoleh karyawan yang kompeten.  
  • Meningkatkan minat karyawan yang berpotensi untuk bekerja di perusahaan Anda. 

Tata Cara Seleksi Karyawan 

Setelah mengenal prosedur seleksi karyawan yang baik dan benar beserta manfaat pentingnya di atas, kini saatnya memahami tata cara seleksi karyawan, yaitu:  

Tes Kepribadian  

Tes kepribadian mengukur satu atau lebih dimensi kepribadian, seperti: ekstroversi, kesadaran, stabilitas emosional, keramahan, dan keterbukaan terhadap hal baru. Dengan begitu, Anda akan mengetahui kesesuaian kandidat mana yang kepribadiannya paling sesuai untuk mengisi posisi yang dibutuhkan. 

Tes Integritas 

Lewat tes integritas, perusahaan dapat mengetahui kejujuran, kredibilitas, nilai, dan etos kerja para kandidat. Integritas yang tinggi dibutuhkan untuk penerimaan dan pertimbangan promosi karyawan.  

Tes Kemampuan 

Tes kemampuan teknis menilai kinerja para kandidat untuk bekerja. Tidak hanya dari segi kemampuan teknis untuk posisi yang dilamar, tes ini juga mengukur keterampilan para kandidat di lingkungan kerja. Hal ini meliputi kemampuan kandidat untuk memproses informasi di dalam waktu yang terbatas, bekerja di bawah tekanan, dan lain sebagainya.   

Role-playing 

Role-playing adalah kegiatan di mana kandidat dan pengujinya memainkan suatu peran. Kandidat akan memerankan posisi yang dilamar, sedangkan sang penguji akan berperan sebagai klien atau customer-nya. 

Tes ini menilai kemampuan kandidat untuk menangani berbagai macam situasi sesuai instruksi yang ada. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui apakah si kandidat cocok untuk mengisi posisi tersebut di perusahaan Anda.  

Wawancara Kerja  

Wawancara berisi percakapan formal dan terperinci untuk menilai kemampuan mendengarkan dan menjawab dari si kandidat. Ada berbagai jenis wawancara kerja yang bisa dilakukan, antara lain:   

  • One-on-one, yang melibatkan 1 pewawancara dan 1 kandidat yang diwawancarai. 
  • Sequential, yang juga melibatkan 1 pewawancara dan 1 kandidat. Namun, sesuai namanya, si pewawancara akan mengajukan rangkaian pertanyaan yang sama secara acak untuk mengetahui kepribadian dan kejujuran si kandidat.  
  • Wawancara panel, yang melibatkan beberapa pewawancara dan 1 kandidat. Setiap pewawancara bisa memberikan pertimbangan masing-masing, yang nantinya akan digunakan untuk bersama-sama mengevaluasi para kandidat.   

Pemeriksaan Latar Belakang  

Pemeriksaan latar belakang (background check) membantu Anda untuk mengidentifikasi kandidat terbaik. Anda akan mengetahui kualifikasi dan pengalaman para kandidat secara rinci. Hal ini meliputi pemeriksaan kriminal lewat Surat Keterangan Catatan Kepolisian dan pemeriksaan pengalaman kepada perusahaan tempatnya bekerja sekarang maupun dahulu.     

Kesimpulan 

Tata cara seleksi karyawan memang tidak begitu singkat. Gunakan software ERP iDempiere untuk merekam seluruh proses seleksi karyawan secara otomatis dan terintegrasi dengan divisi lainnya. 

Pada masa kini, rekaman proses seleksi itu dapat digunakan untuk memilih karyawan. Sementara untuk masa depan, rekaman itu dapat digunakan untuk menawarkan posisi lain (yang lebih cocok) kepada kandidat yang sebelumnya tidak terpilih.   

Selain itu, ERP iDempiere merupakan ERP custom yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan unik perusahaan. Diinstal di Amazon Web Services, keamanan software ERP Indonesia ini pun sangat terjamin. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.  

en_US
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini