7 Tips Kerja Efisien agar Produktif dan Bahagia

Setelah memahami perbedaan efektif dan efisien, kini saatnya untuk bekerja dengan efisien. Bagaimana caranya? Simak deretan tips kerja efisien di bawah ini untuk meningkatkan produktivitas dengan durasi yang minim.  

7 Tips Kerja Efisien 

Bekerja dengan efisien berarti menghasilkan output (hasil kerja) sebanyak mungkin dengan input (sumber daya) yang sesedikit mungkin. Sumber daya ini mencakup waktu, tenaga, dan lain sebagainya. Ini dia beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar bisa bekerja dengan efisien:  

Menentukan Tujuan  

Pertama, tentukan tujuan yang jelas, spesifik, dan realistis agar Anda bisa fokus untuk melakukan berbagai hal penting. Setelah itu, tentukan juga batas waktu untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan demikian, maka Anda dapat menentukan langkah apa saja yang perlu dilakukan.   

Buat Skala Prioritas 

Selanjutnya, buat skala prioritas kerja untuk menentukan hal apa saja yang harus didahulukan dan hal apa saja yang bisa dilakukan setelahnya. Tak hanya untuk bekerja, skala prioritas juga bisa digunakan untuk mengatur keuangan dan melakukan aktivitas pada hari yang sibuk. 

Manajemen Waktu 

Jika Anda merasa kewalahan dan kekurangan waktu, maka Anda perlu mengelola waktu dengan lebih baik lagi. Atur tenggat waktu untuk setiap pekerjaan dan berikan jeda antar pekerjaan satu dengan pekerjaan yang lainnya. Selama masa jeda ini, Anda dapat mengevaluasi apakah pekerjaan itu telah selesai sesuai ketentuan atau belum. Jika belum, maka Anda dapat merevisinya.  

Komunikasi yang Lancar  

Komunikasi yang lancar dapat melancarkan proses kerja itu sendiri. Maka dari itu, pastikan Anda menyampaikan apa saja yang perlu disampaikan dengan jelas. Ketika seseorang menyampaikan sesuatu, pastikan Anda mendengarkannya secara aktif (active listening) agar tidak terjadi kesalahpahaman. 

Hal ini mencakup keberanian untuk berkata tidak. Jika Anda sadar bahwa Anda tidak sanggup untuk melakukan suatu pekerjaan tambahan, maka tak perlu ragu untuk berkata tidak. Lebih baik Anda berkata tidak sejak awal daripada Anda mengiyakan, tetapi hasil kerja Anda malah tidak sesuai ekspektasi.     

Buat Rutinitas  

Membuat rutinitas yang Anda sukai dapat menciptakan kebiasaan baik yang berkelanjutan. Rutinitas setiap orang berbeda-beda, tergantung kemampuan, kegemaran, dan kesibukan masing-masing. Maka dari itu, buatlah rutinitas yang membuat Anda bahagia dan bisa beraktivitas, termasuk bekerja, dengan tenang.   

Ciptakan Lingkungan yang Nyaman  

Lingkungan kerja yang nyaman dapat meningkatkan produktivitas. Jadi, pastikan Anda menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Awali dengan peralatan kerja yang lengkap, seperti monitor dan keyboard yang bersih, mouse dengan kabel yang rapi (tidak terlilit), printer dengan tinta yang cukup, dan lain sebagainya. 

Selanjutnya, perhatikan ruangan Anda, mulai dari kebersihan hingga tata letaknya. Beberapa orang lebih fokus untuk bekerja menghadap ke tembok. Namun, ada juga yang merasa kreativitasnya terbentur saat duduk menghadap tembok. Jadi, silakan sesuaikan dengan diri Anda. Jika memang dapat meningkatkan kreativitas, maka Anda juga bisa menggantung lukisan yang indah di tembok.  

Singkirkan Gangguan

Dilansir dari laman Kwik Kian Gie School of Business, ada banyak gangguan dari luar yang dapat mengaburkan fokus Anda, sehingga berdampak pada terbengkalainya pekerjaan Anda. Oleh karena itu, singkirkan berbagai hal yang bisa mengganggu produktivitas Anda, seperti gadget tertentu, bantal yang membuat Anda terus mengantuk, atau lain sebagainya. 

Kesimpulan 

Bekerja dengan efisien berarti menghasilkan output semaksimal mungkin dengan input yang seminimal mungkin. Untuk dapat melakukannya, terapkan ketujuh tips di atas. Salam sukses!  

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini