Cara Kerja Software Akuntansi

Software akuntansi adalah jenis perangkat lunak yang digunakan oleh profesional akuntansi atau pemilik bisnis untuk memproses transaksi dan mengelola akun. Aplikasi software akuntansi biasanya dibuat oleh pihak ketiga untuk bisnis kecil dan menengah, meskipun bisnis dan perusahaan besar memiliki software akuntansi berbasis cloud sendiri.

Semakin banyak software akuntansi online atau dengan banyak fitur online. Software akuntansi terbaik ada di mana saja dari yang sederhana dan ramah pengguna hingga kompleks yang membutuhkan pelatihan serta pengalaman. 

Bagaimana cara kerja software laporan keuangan?

Software akuntansi menurut para ahli, yaitu aplikasi fundamental yang memungkinkan organisasi mencatat aliran uang untuk tinjauan dan audit internal serta eksternal. Software akuntansi yang mudah digunakan satu ini termasuk alat utama untuk menilai kesehatan keuangan organisasi dan memenuhi kepatuhan hukum.

Kisaran harga software akuntansi adalah versi perangkat lunak terbatas dengan harga rendah atau murah, serta versi perusahaan yang jauh lebih mahal. Untuk mengetahui cara kerja software akuntansi apa aja, berikut beberapa hal yang perlu diketahui.

Akuntansi

Software akuntansi cloud, termasuk software akuntansi no 1 di Indonesia biasanya memiliki fitur utama, yakni akuntansi. Akuntansi merupakan komponen utama dari setiap sistem dalam kategori yang harus dicari terlebih dahulu saat memiliki solusi andal.

Penagihan dan faktur

Ada software akuntansi jasa yang secara eksklusif dikhususkan untuk penagihan dan faktur. Namun, kebanyakan masih memperlakukan operasi serupa dengan modul integral dari operasi keuangan apa pun.

Dengan demikian, penggunaan software akuntansi desktop dapat membiarkan pelanggan mengotomatiskan koleksi biasa, menyesuaikan operasi dengan metode pembayaran, dan menyiapkan faktur yang akurat serta tepat waktu.

Penganggaran

Software akuntansi developer property adalah modul umum yang dapat menghitung dan menafsirkan kinerja keuangan untuk tahun berjalan. Tak hanya itu, software akuntansi di bidang komersial biasanya juga dapat membantu memperkirakan anggaran tahun yang akan datang. 

Dengan menggunakan, software akuntansi manufaktur maka perusahaan dapat menyiapkan estimasi dan menetapkan target penjualan yang layak dan optimis. Untuk itu, perusahaan harus bisa memilih software akuntansi distributor yang tepat sesuai kebutuhan.

Manajemen aset tetap

Aplikasi keuangan perusahaan baik yang terpisah atau modul inklusif dapat membantu mengelola data keuangan dengan lebih akurat. Aplikasi keuangan ini menggabungkan fitur-fitur, seperti riwayat audit, catatan biaya, penghitungan penyusutan, dan alokasi sumber daya.

Manajemen penggajian

Selain manajemen aset tetap, aplikasi laporan keuangan perusahaan juga memiliki berbagai fitur penggajian. Karena itu, software akuntansi untuk perusahaan jasa dapat menghitung dan memproses pembayaran karyawan, menyiapkan, dan mencetak cek tanpa penundaan, serta menanggapi semua komitmen pajak yang aktif tanpa kesalahan.

Akuntansi proyek

Software akuntansi untuk perusahaan dagang atau manufaktur biasanya dikemas dalam sistem terpisah yang mewakili versi akuntansi perangkat lunak industri vertikal. Kemampuan utama software akuntansi perusahaan jasa atau software akuntansi perbankan memperkirakan dan menangani pengeluaran tambahan.

Tak hanya itu, software akuntansi perusahaan dagang atau software akuntansi perusahaan manufaktur ini juga dapat mengelola biaya yang berkaitan dengan tenaga kerja, material, dan peralatan.

Akuntansi dana

Fitur-fitur ini umumnya ditemukan dalam software akuntansi perusahaan atau software akuntansi pajak yang dirancang untuk lembaga pemerintah serta organisasi nirlaba. Cara kerja aplikasi akuntansi perusahaan manufaktur atau aplikasi keuangan perusahaan manufaktur, yakni mencakup pelacakan pengeluaran donasi, pengelolaan hibah, peraturan GASB, dan rangkaian khusus laporan keuangan.

Manajemen inventaris

Dalam aplikasi laporan keuangan perusahaan manufaktur atau aplikasi akuntansi untuk perusahaan manufaktur terdapat manajemen inventaris. Penggunaan software akuntansi jurnal, software akuntansi manajer, atau software akuntansi hotel akan memberikan lini produk umur simpan yang lebih tinggi kepada bisnis. 

Biasanya, software akuntansi Indonesia maupun software akuntansi internasional diperlukan karena dapat mengontrol ketersediaan dan pergerakan produk. Software akuntansi yang digunakan di perusahaan Indonesia dapat menghindari segala macam masalah pengiriman, seperti kelebihan stok atau kekurangan stok.

Software akuntansi yang paling banyak digunakan di Indonesia atau software akuntansi yang telah didesain khusus untuk kondisi indonesia adalah Enterprise Resource Planning atau ERP. Sebuah perusahaan yang menggunakan software akuntansi akan mengetahui ontoh laporan perusahaan, contoh laporan keuangan laba rugi, contoh proforma invoice sederhana, pengertian purchase order, payroll, apa itu scm, serta apa itu e-procurement.

Program keuangan perusahaan akan membantu penggunanya dalam memahami berbagai istilah lain dalam aplikasi akuntansi. Beberapa istilah dalam program akutansi atau akuntansi software, yakni:

  • E-procurement adalah proses pengadaan barang atau jasa yang dilakukan secara elektronik.
  • Sales order adalah dokumen yang diterbitkan oleh pihak penjual saat menerima purchase atau pembayaran.
  • Payroll system adalah proses yang disebut sebagai sistem penghitungan jumlah gaji karyawan.
  • Fleet management adalah kegiatan bisnis yang biasanya akan memberikan perusahaan dampak positif.

Software accounting indonesia atau aplikasi akuntansi keuangan cukup beragam dengan manfaat yang berbeda. Salah satu software ERP Indonesia yang bisa menjadi pilihan terbaik perusahaan adalah iDempiere. ERP iDempiere telah dikembangkan dengan General Public License atau GPL sangat akan menguntungkan perusahaan penggunanya. Untuk itu, pastikan memilih perangkat lunak yang tepat dan sesuai.

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini