7 Cara Meningkatkan Skill Akuntansi demi Produktivitas

Di era globalisasi ini, persaingan di dunia kerja semakin ketat, termasuk di bidang akuntansi. Maka dari itu, sebagai seorang akuntan, Anda perlu mengetahui cara meningkatkan skill akuntansi. 

Skill (kemampuan) akuntansi yang terus meningkat dapat mempercepat durasi pekerjaan dan meningkatkan nilai Anda di mata atasan. Tak hanya itu, kemampuan akuntansi yang mumpuni juga dapat membuka jalan bagi Anda untuk menjadi akuntan publik yang menangani banyak klien.     

4 Karakter Dasar untuk Menjadi Akuntan yang Baik 

Sebelum meningkatkan kemampuan akuntansi, Anda harus terlebih dahulu memiliki berbagai karakter dasar untuk menjadi akuntan yang baik, antara lain: 

Teliti 

Pekerjaan seorang akuntan selalu berkaitan erat dengan angka dan uang. Seorang akuntan harus mampu memastikan dengan teliti bahwa setiap transaksi dicatat sesuai bukti transaksi yang sah, seperti invoice atau kuitansi

Ketidaktelitian seorang akuntan dapat berdampak pada kesalahan analisis laporan oleh divisi keuangan, yang akhirnya berujung pada kesalahan pengambilan keputusan. 

Logis 

Ketika seorang akuntan hendak mengambil keputusan, ia harus berpikir logis dengan melihat kondisi keuangan perusahaan melalui laporan keuangan. Data dan fakta dari laporan keuangan harus menjadi landasan pengambilan keputusan. 

Disiplin 

Disiplin di sini berbicara tentang waktu, data, dan kebijakan. Seorang akuntan harus menyajikan laporan keuangan dengan tepat waktu. Selain itu, akuntan juga tidak boleh menyepelekan data sekecil apa pun dan harus menaati kebijakan perusahaan maupun pemerintah serta menaati standar dan kode etik akuntansi. 

Nah, kedisiplinan akan berbuah konsistensi. Seorang akuntan harus konsisten di dalam menyusun laporan keuangan, mulai dari prosedur, metode, satuan ukuran, format, hingga waktu penyajiannya. Tak hanya itu, seorang akuntan juga harus mampu konsisten untuk mengatakan tidak saat ada seseorang yang memintanya untuk melanggar kebijakan perusahaan dan kode etik akuntansi. 

Jujur 

Seorang akuntan harus melaporkan kondisi keuangan perusahaan apa adanya tanpa ada niat untuk melakukan kecurangan. Jika ada kesalahan di dalam pencatatan keuangan perusahaan, akuntan harus mengakuinya dan segera mencari solusi bersama atasannya. 

7 Cara Meningkatkan Skill Akuntansi  

Setelah memiliki keempat karakter dasar di atas dan kemampuan akuntansi dari kegiatan belajar, kini saatnya untuk meningkatkan kemampuan akuntansi dengan cara berikut: 

Buat Rencana Kerja yang Matang  

Agar mampu bekerja dengan efektif dan efisien, maka buatlah rencana kerja yang matang untuk setiap harinya. Rencana ini mencakup target apa saja yang ingin dicapai selama 1 hari dan hambatan apa saja yang mungkin terjadi. Setelah itu, susun urutan dari hal apa saja yang akan dilakukan untuk mencapai target sehari dan melalui hambatan yang mungkin terjadi. 

Latih Kreativitas    

Berpikir kreatif juga menentukan kesuksesan suatu bisnis. Berpikir kreatif dibutuhkan dalam bidang akuntansi untuk memodifikasi cara kerja jadi lebih efisien daripada sebelumnya. Selain itu, Anda juga akan semakin mudah untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan.  

Untuk melatih kreativitas, Anda dapat mengikuti berbagai rapat dan pelatihan yang disediakan perusahaan. Anda juga dapat memperhatikan berbagai konten kreatif dan karya seni dengan makna yang kuat.     

Meditasi Ringan 

Meditasi ringan selama 20 menit secara teratur dapat menenangkan diri, sehingga meningkatkan konsentrasi dan kreativitas Anda. Jika Anda belum terbiasa, mulailah dengan bermeditasi selama 5 menit setiap hari.  

Ubah Kebiasaan Buruk 

Identifikasi semua kebiasaan Anda dan kategorikan menjadi kebiasaan baik dan kebiasaan buruk. Pertahankan kebiasaan baik dan lawan kebiasaan yang buruk. Meskipun beberapa perubahan tampak kecil, tetapi efeknya luar biasa. Anda bisa jadi lebih fokus, fleksibel, dan bersemangat.    

Hal ini memang tidak mudah. Namun, Anda bisa mencobanya perlahan-lahan. Sebagai contoh, Anda terbiasa membungkuk saat bekerja. Nah, untuk bisa duduk dengan tegak, Anda dapat mulai memasang alarm sekitar 15 menit sekali sebagai pengingat untuk duduk tegak.  

Ikuti Kabar Terbaru  

Di era kecanggihan teknologi ini, Anda mampu mengakses informasi dengan mudah dan cepat. Manfaatkanlah hal ini untuk mengikuti meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Anda tentang berbagai hal. Dengan mengikuti kabar terbaru (up-to-date), Anda akan terbiasa berpikir kritis, yang merupakan salah satu skill yang harus dimiliki akuntan.  

Manajemen Waktu dengan Baik 

Dikejar banyak deadline, seorang akuntan juga harus mengelola waktu dengan baik. Ada 2 teknik manajemen waktu yang bisa dilakukan, yaitu: 

  • Teknik Podomoro 

Bagi jam kerja menjadi 4 tahapan (masing-masing 25 menit) dengan jeda istirahat 5 menit. Setelah 4 tahapan itu selesai, maka Anda bisa beristirahat selama 15 menit. Kemudian, mulai bekerja dengan 4 tahapan yang baru. Teknik ini sangat cocok untuk mengerjakan beberapa tipe pekerjaan pada hari yang sama. 

  • Teknik Jam Daya 

Sediakan waktu 1 jam di mana Anda tidak harus tenang dan menghindarkan diri dari berbagai gangguan di dalam bentuk apa pun. Salah satunya mungkin dengan mematikan ponsel. Dengan begitu, Anda dapat bekerja intensif dengan durasi yang singkat.  

Bermain Game 

Terakhir, menurut ScienceDaily, bermain game dapat meningkatkan fungsi otak. Saat Anda bermain game, maka otak Anda akan fokus untuk bermain, mengambil keputusan, dan memecahkan berbagai masalah dengan cepat.  

Kemampuan memecahkan masalah dapat meningkatkan produktivitas hingga 12%. Namun, tetap batasi waktu saat bermain game dan mainkan game yang mengasah otak, seperti Articulate, Charades, dan Scrabble. 

Kesimpulan  

Seorang akuntan perlu meningkatkan kemampuan akuntansinya lewat cara-cara di atas. Dengan begitu, Anda dapat bekerja dengan lebih produktif. 

Sementara untuk meningkatkan efisiensi kerja, Anda dapat menggunakan modul ERP akuntansi dari iDempiere. Selain mampu merekam seluruh transaksi bisnis dengan lengkap, ERP iDempiere juga dapat digunakan untuk melakukan three-way matching dan payment allocation.

Tak hanya itu, ERP iDempiere juga bisa dikustomisasi sesuai keunikan proses bisnis perusahaan dan mengintegrasikan seluruh proses operasional bisnis. Untuk informasi lebih lanjut tentang ERP iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.    

en_US
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini