5 Manfaat Software CRM untuk Bisnis, Sangat Penting!

Strategi Customer Relationship Management atau CRM adalah komponen penting yang perlu diterapkan untuk mengembangkan bisnis melalui peningkatan hubungan dengan para pelanggan. Untuk menerapkan strategi CRM yang baik dan benar, dibutuhkan software CRM yang andal. 

Mengingat bahwa CRM berbicara tentang mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan, maka strategi CRM yang baik memegang peran penting di dalam segala bentuk bisnis. Penyusunan strategi ini membutuhkan pengumpulan dan pengelolaan data pelanggan yang akurat.    

5 Manfaat Software CRM 

Software CRM atau yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai CRM software tidak hanya mengumpulkan dan mengelola data pelanggan. Namun, software ini juga menyediakan sejumlah manfaat lainnya, antara lain:  

CRM Software Menjangkau Pelanggan Baru  

Software CRM atau yang kadang disebut aplikasi CRM juga mampu melacak prospek pelanggan yang potensial, sehingga bisa menyederhanakan siklus kerja divisi sales

Aplikasi CRM dapat menjangkau para pelanggan baru, menerapkan komunikasi personal, dan mengonversi mereka menjadi menjadi pelanggan tetap. Sedangkan divisi sales bisa fokus untuk melakukan follow up dan menyusun strategi untuk meningkatkan jumlah pelanggan potensial. 

Divisi sales juga bisa menggunakan aplikasi CRM untuk memeriksa riwayat pembelian untuk melakukan up selling atau cross selling terhadap pelanggan tertentu. 

Selain itu, divisi sales maupun customer service juga bisa menggunakannya untuk melacak pelanggan mana saja yang belum dilayani, baik melalui email, chat, atau saluran lainnya yang dimiliki perusahaan. 

Melacak Interaksi 

Setiap bentuk interaksi dengan pelanggan akan memberikan pengetahuan penting bagi perusahaan. Di dalam 1 hari, divisi sales dan customer service mungkin berinteraksi dengan ratusan atau bahkan ribuan pelanggan, sehingga tidak mungkin diingat begitu saja. CRM software dapat melacak semua transaksi itu dan memasukkannya ke dalam kategori yang telah disusun. 

Jika suatu hari nanti pelanggan yang sama kembali menghubungi, maka divisi sales atau customer service dapat segera mengetahui topik terakhir yang dibicarakan, sehingga menghemat waktu dan tenaga. Hal ini juga dapat membuat pelanggan merasa penting dan diperhatikan.  

Meningkatkan Kinerja 

Selain melacak interaksi, CRM software juga akan memberikan notifikasi ketika ada pelanggan yang harus dilayani. Dengan demikian, divisi customer service bisa segera melayaninya sehingga memuaskan para pelanggan. 

Khusus pelanggan potensial, maka CRM software akan memberikan notifikasi bahwa ada pelanggan potensial yang membutuhkan follow up. Nah, divisi sales bisa segera melakukan follow up dan kemudian mengonversikannya menjadi pelanggan tetap.  

Mempercepat Pengambilan Keputusan    

Dengan terorganisirnya setiap data secara real-time dan akurat, maka sang manajer bisa mengambil keputusan dengan lebih cepat. Dilengkapi fitur analisis, aplikasi CRM juga memudahkan proses analisis, sehingga bisa langsung menyesuaikan strategi dengan perubahan yang terjadi.      

Menjaga Keamanan Data 

Data pelanggan tentu merupakan rahasia yang harus perusahaan jaga dengan baik. Jatuhnya data pelanggan ke tangan yang salah tidak hanya akan merugikan perusahaan, karena kemungkinan ‘dibajak’ kompetitor. Namun, juga merugikan pelanggan, karena data-datanya bisa disalahgunakan. Apabila hal ini terjadi dan diketahui pelanggan, maka perusahaan akan kehilangan kredibilitasnya.  

Oleh karena itu, dibutuhkan CRM software yang dapat menyimpannya secara otomatis dan aman. Selain itu, CRM software terbaik juga memungkinkan pengaturan data mana saja yang bisa diakses semua karyawan dan data mana saja yang hanya bisa diakses orang tertentu, seperti manajer dan direktur. 

Kesimpulan 

Penerapan strategi CRM yang tepat sangat penting untuk mengelola dan memuaskan pelanggan potensial maupun pelanggan tetap. Untuk menerapkannya, dibutuhkan aplikasi CRM terbaik yang mampu menyajikan data secara akurat, melacak interaksi, dan mengotomatisasi berbagai prosesnya. 

Meski ada beberapa software CRM yang bisa dipilih, tetapi salah satu yang terbaik adalah iDempiere ERP, karena ERP open-source ini dapat mengakomodasi semua kebutuhan di atas dan dikonfigurasi sesuai kebutuhan dan keunikan proses bisnis perusahaan.   

Tak hanya CRM, software ERP ini juga bisa mengotomatisasi proses bisnis lainnya, seperti warehouse management, supply chain management, dan sebagainya secara terintegrasi. Dengan begitu, hanya dibutuhkan 1 software untuk mengakomodasi seluruh proses bisnis perusahaan, tak perlu mencari banyak software secara terpisah. Sangat praktis, bukan?   

Tak perlu khawatir pula terkait keamanannya, karena iDempiere ERP software bisa dipasang di server perusahaan (on-premise) maupun cloud terpercaya, yaitu Amazon Web Service. Untuk informasi lebih lanjut mengenai iDempiere ERP, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.   

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini