Kegunaan ERP Logistik Software

Kegunaan ERP Logistik Software

Sekarang ini, sudah semakin banyak perusahaan yang menggunakan perangkat lunak logistik. Hal ini dikarenakan software atau perangkat lunak ini dapat membantu dalam menyederhanakan banyak proses dan mempermudah siklus produksi agar berjalan lebih lancar.

Software logistik pada dasarnya merupakan program yang dirancang untuk membantu bisnis mengelola banyak elemen. Pengelolaan elemen tersebut termasuk ke dalam proses produksi, termasuk mengatur pengiriman bahan mentah hingga pengiriman produk jadi ke outlet konsumen.

Apa saja manfaat penggunaan ERP logistik software?

Sama seperti perangkat lunak lain yang terkait dengan manajemen rantai pasokan, tujuan keseluruhan dari logistik software adalah meningkatkan margin keuntungan. Selain itu, kegunaan ERP logistik software juga dapat mengurangi waktu siklus untuk memberikan keunggulan kompetitif bagi bisnis di pasar.

Fokus ERP logistics software adalah transportasi, yang dapat menjadi salah satu aspek paling mahal dalam menjalankan bisnis terutama dengan kenaikan harga pengiriman. Perangkat lunak ini memungkinkan bisnis untuk mengotomatiskan pengelolaan data dalam jumlah besar.

Penggunaan ERP logistik software bisa juga membantu perusahaan untuk membuat keputusan berdasarkan analisis tersebut. Nah, beberapa manfaat atau kegunaan ERP logistik management software yang perlu diketahui yakni:

Pengiriman lebih cepat

Logistik umumnya melibatkan aliran linier barang dan jasa di berbagai situasi yang memengaruhi pengiriman dimana dapat mengakibatkan penundaan. Dengan solusi logistik, perusahaan dapat merampingkan siklus produksi secara signifikan dan memilih layanan transportasi.

Pemilihan layanan transportasi yang efisien ini dapat mengurangi penundaan pengiriman. Karena itu, penggunaan software logistik distribusi diketahui akan membantu memastikan pengiriman dilakukan lebih cepat.

Meminimalkan kesalahan manusia

Dirancang dengan logaritma kompleks dan teknologi mutakhir, software logistik gudang atau perangkat lunak logistik menawarkan laporan analisis data yang akurat. Menangani data mentah dalam jumlah besar akan terasa membosankan jika dilakukan secara manual.

Karena itu, biasanya kelelahan dan kebosanan menjadi faktor utama dari terjadinya kesalahan. Untuk meminimalisir kesalahan, maka perusahaan dianjurkan untuk menggunakan perangkat lunak satu ini.

Sistem otomatis

Dengan sistem yang sepenuhnya otomatis, perangkat lunak manajemen logistik menyediakan fungsi otomatis. Hal ini sangat membantu dalam membuat rute pengiriman, tender muatan ke operator, dan perencanaan muat.

Platform ini juga dapat menghilangkan dokumen yang menambah efisiensi organisasi perusahaan. Untuk itu, salah satu manfaat inilah yang menjadi pertimbangan perusahaan untuk menggunakannya.

Transportasi halus

Aspek terpenting dari logistik adalah pengiriman dan transportasi. Penggunaan ERP logistik modul bisa membuat transportasi dalam melakukan pengiriman menjadi jauh lebih mudah atau halus.

Perlu diketahui, dengan fluktuasi biaya bahan bakar, tenaga kerja, energi, biaya pengiriman yang tidak dapat diprediksi akan menjadi tantangan yang nyata. Karena itu, perusahaan membutuhkan perangkat lunak yang bisa membantu berbagai permasalahan dalam kegiatan pengiriman.

Software ERP Kosta Consulting Bisa Jadi Pilihan

Software ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan proses yang digunakan oleh perusahaan manufaktur dan logistik. Umumnya, perangkat lunak ini digunakan untuk mengelola bagian-bagian penting dari bisnis yang sedang dijalankan.

Perangkat lunak ERP mendukung upaya perencanaan sumber daya dengan mengintegrasikan semua proses yang diperlukan untuk menjalankan bisnis. Nah, salah satu logistics software open source yang bisa menjadi pilihan adalah ERP Kosta Consulting.

ERP Indonesia dari Kosta Consulting yang dikenal dengan nama iDempiere diketahui memiliki keuntungan yang cukup banyak. iDempiere adalah jenis software ERP open source dan tidak diperlukan adanya biaya tambahan lisensi untuk penambahan modul dan user.

Keuntungan dari penggunaan iDempiere ini adalah tidak ada biaya lisensi, dapat di kostumasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan tidak ada biaya tambahan untuk user. Pastikan perusahaan menggunakan perangkat lunak yang tepat agar keuntungan maksimal bisa didapatkan.

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini