Kemudahan Stock Opname dengan iDempiere

Perusahaan dagang perlu melakukan stock opname untuk memastikan jumlah stok yang tersedia di gudang. Dengan begitu, maka perusahaan akan terhindar dari risiko memasarkan dan menjual barang yang tak tersedia kepada konsumen. 

Jika terjadi kekeliruan di dalam proses tersebut maka proses jual beli pun bisa terhambat. Oleh karena itu, dibutuhkan software persediaan yang andal untuk menjalankannya.         

Pengertian Stock Opname 

Stock opname adalah proses memastikan ketersediaan stok di gudang untuk kemudian dijual kepada khalayak umum. Proses ini mencakup perhitungan jumlah barang, pemeriksaan kualitas barang, dan penataan untuk memudahkan kegiatan operasional. Proses ini bertujuan untuk menyesuaikan jumlah barang yang tercatat di dalam software inventory dengan yang benar-benar ada di gudang. 

Perusahaan juga bisa menentukan waktu yang tepat untuk memperbarui stok persediaan dari suatu barang. Selain itu, perusahaan juga bisa mengetahui barang mana saja yang paling diminati konsumen (paling cepat habis) dan barang mana saja yang kurang diminati konsumen (paling lambat habis). 

Oleh karena itu, proses penting ini perlu dilaksanakan dengan software inventory yang andal, seperti iDempiere ERP. Tak hanya untuk inventory, (Enterprise Resource Planning) ERP software ini juga mampu mengotomatisasi seluruh proses bisnis lainnya, seperti finance, supply chain, dan asset management secara terintegrasi. 

Keuntungan Stock Opname dengan Software iDempiere   

Lantas, apa saja keuntungan dari penggunaan software ERP iDempiere dalam proses ini? 

  • Anda bisa melakukan opname untuk seluruh produk atau hanya kategori produk tertentu.  
  • Anda bahkan bisa memilih untuk melakukan opname berdasarkan status aktif atau tidaknya produk, tanggal kedaluwarsa produk, dan klasifikasi lainnya yang digunakan perusahaan, karena iDempiere dapat di-customized sesuai keunikan proses bisnis perusahaan.  
  • Untuk membantu proses perhitungan, ERP iDempiere akan menghasilkan daftar barang yang akan diperiksa beserta informasi stok terkini saat dokumen stock opname dibuat.
  • Setelah perhitungan fisik selesai dilakukan, Anda dapat memperbarui data jumlah barang di ERP iDempiere untuk melihat apakah ada masuk dan keluar barang selama proses stock opname. 
  • Proses penambahan dan pengurangan stok barang akan langsung terekam ke jurnal, sehingga menghasilkan neraca yang sesuai. 
  • Anda bahkan dapat segera mengetahui jika jumlah pendapatan tidak sesuai dengan jumlah persediaan yang keluar. 
  • Anda juga dapat merekam jumlah barang yang rusak dan memperbarui jumlah barang yang tersedia untuk dijual.    

Dengan sejumlah manfaat di atas, maka Anda bisa melakukan stock opname dengan efisien tanpa perlu berhenti berjualan di tengah prosesnya. Untuk informasi lebih lanjut terkait implementasi ERP iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266. 

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini