7 Strategi Rekrutmen yang Tepat demi SDM yang Berkualitas

Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas adalah aset penting bagi setiap perusahaan. Dibutuhkan strategi rekrutmen yang tepat untuk mendapatkan SDM terbaik. 

Strategi rekrutmen adalah rencana perusahaan untuk melaksanakan proses rekrutmen. Perencanaan ini mencakup posisi yang dibutuhkan, waktu rekrutmen, dan proses rekrutmen yang akan dijalankan.  

7 Strategi Rekrutmen yang Tepat 

Dengan strategi rekrutmen yang tepat, proses pencarian dan seleksi pelamar kerja akan jadi lebih efektif. Inilah deretan strategi rekrutmen yang dapat Anda terapkan: 

1. Bangun Brand Perusahaan   

Strategi pertama yang dapat Anda lakukan adalah membangun brand perusahaan. Meskipun membutuhkan waktu yang tak singkat dan modal yang tak sedikit, tetapi cara ini memang efektif untuk jangka panjang.  

Anda bisa memulainya dengan menganalisis keunikan perusahaan, melibatkan para karyawan di dalam branding, dan memilih channel yang tepat.  

2. Optimalkan Media Sosial 

Jika Anda membutuhkan SDM dengan kemampuan mumpuni di bidang digital, maka optimalkan media sosial untuk menarik perhatian  mereka. Tak hanya untuk mengiklankan lowongan pekerjaan, media sosial juga sebaiknya digunakan untuk membuat berbagai konten menarik dan berkomunikasi dengan para pengikut Anda. Dari sekian banyak para pengikut Anda, sangat mungkin ada yang tertarik untuk bekerja di perusahaan Anda. 

3. Rancang Job Specification dengan Menarik   

Asah kreativitas Anda di dalam merancang job specification yang menarik. Anda dapat mendesain job specification dengan berbagai elemen grafis menarik, tetapi pastikan tidak terlalu ramai.

Selain itu, saat menulis job specification, pastikan Anda menampilkan nilai dan keunikan perusahaan dengan cara yang menarik. Contoh syarat yang menarik di job specification: tech savvy (artinya: terbiasa menggunakan teknologi).           

4. Buat Program Referensi Karyawan 

Selanjutnya, Anda juga dapat membuat program referensi karyawan dengan imbalan yang menarik. Dengan begitu, para karyawan dapat memberikan rujukan berupa orang-orang yang tepat untuk menempati berbagai posisi yang sedang dibutuhkan. Tak hanya itu, program ini juga dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas karyawan.  

5. Tingkatkan Kualitas Wawancara Kerja  

Pengalaman wawancara kerja juga memengaruhi minat kandidat. Jika pengalamannya buruk, maka hal itu bisa saja menurunkan minat si pelamar untuk bekerja di perusahaan Anda. Oleh sebab itu, pastikan Anda senantiasa meningkatkan kualitas wawancara kerja

6. Jalankan Rekrutmen Virtual 

Sejak pandemi Covid-19 melanda bumi ini, banyak perubahan yang terjadi, tak terkecuali di dalam proses rekrutmen. Kini rekrutmen secara virtual menjadi hal yang lazim di antara masyarakat dunia. Proses registrasi, tes, wawancara, hingga tanda tangan surat kontrak kini dapat dilakukan secara virtual melalui email, website, dan aplikasi meeting. 

7. Gunakan Modul ERP HRD 

Terakhir, gunakan modul ERP HRD yang dapat digunakan untuk merekam seluruh proses rekrutmen, menyusun jadwal wawancara tanpa duplikasi, dan menyimpan data semua pelamar untuk kemudian hari.  

Tak hanya itu, sistem ERP adalah Enterprise Resource Planning, yang dapat mengotomatisasi seluruh proses operasional bisnis secara terintegrasi (terpadu). Dengan demikian, Anda hanya perlu 1 sistem ERP untuk semua proses operasional perusahaan.  

Kesimpulan         

Perencanaan dan penerapan strategi rekrutmen menentukan keberhasilan suatu perusahaan di dalam memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas. SDM yang berkualitas dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas perusahaan. 

Salah satu strategi rekrutmen yang dapat diterapkan adalah menggunakan modul ERP HRD dari ERP iDempiere. Tak hanya untuk rekrutmen, sistem ERP ini juga dapat digunakan untuk penggajian, manajemen cuti, reimbursement, dan lain sebagainya. 

Menariknya lagi, ERP iDempiere adalah ERP custom Indonesia yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan unik dari setiap perusahaan. Terkait keamanannya, software ERP Indonesia tanpa batasan jumlah pengguna (unlimited user) ini diinstal di Amazon Web Services, sehingga keamanannya sangat terjamin. Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai modul, fitur, dan implementasi ERP iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor +62 821-2228-2266.        

en_US
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini