5 Tanda Bisnis Anda Butuh Sistem ERP

Tuntutan bisnis yang semakin besar mendorong perusahaan untuk mengandalkan kecanggihan teknologi demi kelancaran operasional bisnis, salah satunya sistem ERP (Enterprise Resources Planning).  

Sistem ERP adalah sistem yang mampu meningkatkan efisiensi bisnis, karena dapat mengotomatisasi seluruh proses bisnis secara terintegrasi, antara lain: keuangan, pengadaan, rantai pasokan, gudang, inventaris, dan masih banyak lagi.    

Jenis-jenis Sistem ERP 

Berdasarkan basisnya, ERP terbagi atas 2 jenis, yaitu: ERP berbasis website (web-based ERP) dan ERP berbasis desktop (desktop-based ERP)

Web-based ERP bisa diakses di mana saja oleh setiap device tanpa perlu instalasi, hanya dengan jaringan internet dan login ke ERP tersebut. Sedangkan desktop-based ERP harus diinstal di setiap device yang akan menggunakannya, sehingga keamanannya lebih terkendali. Namun, diperlukan spesifikasi hardware yang cukup tinggi untuk menginstal dan menggunakannya.         

5 Tanda Bisnis Membutuhkan Sistem ERP 

Biaya investasi yang cukup tinggi membuat beberapa perusahaan ragu untuk melakukan implementasi ERP. Namun, dalam jangka panjang, ERP dapat memangkas waktu pengerjaan di seluruh proses bisnis dan menurunkan risiko kekeliruan akibat human error. Berikut adalah 5 tanda yang menyatakan bahwa suatu bisnis membutuhkan software ERP:   

Tidak Terpantaunya Utang Piutang 

Lambatnya proses operasional di suatu divisi akan berdampak pada divisi lainnya. Sebagai contoh, jika divisi purchasing dan sales tidak kunjung membuat laporan pembelian dan penjualan, maka divisi accounting akan kesulitan untuk mencatat dan memantau utang dan piutang. 

Software ERP dapat mempermudah proses perekaman dan mengintegrasikannya dengan divisi terkait, sehingga memudahkan pemantauan utang piutang. 

Terlalu Banyak Software

Di era digitalisasi ini, setiap pekerjaan memang membutuhkan otomatisasi tertentu, sehingga tak sedikit perusahaan yang menggunakan software berbeda untuk setiap divisi. 

Alih-alih menggunakan terlalu banyak software dengan biaya pemeliharaan dan layanan masing-masing, ada baiknya untuk menggunakan 1 software yang dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan bisnis, yaitu: ERP software.   

Menawarkan otomatisasi dan integrasi yang andal, ERP software dapat menyederhanakan proses bisnis secara terpusat. Sebagai contoh, arus keluar masuk barang dapat direkam dengan cepat oleh divisi inventaris, sehingga dapat langsung digunakan oleh divisi keuangan untuk merekam dan melakukan proses pembayaran.  

Informasi yang Tidak Real-Time 

Perkembangan bisnis yang sangat pesat di era globalisasi ini membutuhkan informasi yang real-time agar tidak tertinggal dari para pesaing. Dengan software ERP, seluruh pemegang kepentingan dapat mengakses data secara real-time dengan akurat, sehingga mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.   

Proses Akuntansi yang Rumit 

Semakin berkembangnya bisnis suatu perusahaan, maka proses pencatatan keuangannya pun akan semakin kompleks. Tentu akan sangat merepotkan jika proses tersebut dijalankan secara manual dan tidak terintegrasi dengan divisi lainnya. 

Hal itu dapat menyebabkan kesalahan dalam perhitungan, mulai dari laporan pembelian, laporan penjualan, jurnal, neraca, laporan keuangan, hingga jurnal penutup. 

Software ERP dapat membantu divisi akuntansi untuk menghemat waktu lewat pencatatan aktivitas keuangan yang otomatis dan terintegrasi dengan pencatatan divisi lainnya. Divisi accounting hanya perlu memeriksanya untuk kemudian diproses oleh divisi bersangkutan, seperti divisi keuangan untuk membayar utang.      

Tak Mampu Memenuhi Kebutuhan Pelanggan 

Apakah Anda mulai merasa tak mampu memenuhi kebutuhan pelanggan, seperti salah mengirim barang, kurang cepat dalam memberikan layanan terbaik, atau sulit menganalisis kebutuhan dan keinginan pelanggan potensial? Jika iya  maka Anda perlu menggunakan modul ERP CRM untuk mengatasinya.      

Saat hendak menggunakan sistem ERP, pilihlah vendor ERP terbaik yang memberikan layanan lengkap mulai dari gap analysis, pembuatan dan kustomisasi sistem, training, hingga dukungan dan layanan yang bisa senantiasa diperpanjang. 

Kosta Consulting hadir untuk mendukung seluruh proses bisnis Anda dengan ERP web-based iDempiere yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan dan keunikan proses bisnis serta digunakan tanpa batasan jumlah pengguna (unlimited user). Untuk informasi lebih lanjut mengenai ERP iDempiere, silakan hubungi nomor 0821-2228-2266.   

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini