ERP, 1 Aplikasi Bisnis untuk Segala Kebutuhan

Persaingan bisnis yang semakin ketat mengharuskan Anda untuk bergerak cepat dan tepat. Karena itu, Anda membutuhkan aplikasi bisnis yang dapat membantu untuk mengelola bisnis dengan praktis. 

Selain dapat menghemat waktu, penggunaan aplikasi bisnis yang tepat juga bisa mengurangi risiko kesalahan yang timbul akibat human error. Sangat efektif dan efisien, bukan? 

ERP, Aplikasi Bisnis untuk Segala Kebutuhan   

Selama ini Anda mungkin pernah mendengar berbagai macam aplikasi untuk bisnis, seperti aplikasi accounting, aplikasi HR, aplikasi gudang, aplikasi pembelian, dan lain-lain. 

Setiap aplikasi di atas memang sangat bermanfaat untuk menyederhanakan proses bisnis, tetapi setiap aplikasi tersebut harus di-install satu per satu, yang tentunya memakan waktu yang tak singkat.    

Adakah aplikasi alternatif yang bisa mengakomodasi semua kebutuhan itu? Jawabannya: ada, yaitu Enterprise Resource Planning (ERP). ERP adalah software bisnis yang dapat digunakan perusahaan untuk mengelola segala aktivitas bisnis secara terintegrasi. 

5 Modul ERP untuk Kelancaran Bisnis 

Ada banyak modul ERP yang bisa digunakan perusahaan. Namun, 5 modul berikut ini adalah modul dasar yang dibutuhkan oleh setiap bisnis:

Finance Accounting Management 

Modul ERP akuntansi dan ERP keuangan adalah modul paling krusial yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan, karena setiap perusahaan pasti mengelola arus kas, utang-piutang, pembelian, dan transaksi lainnya. 

Modul ini menawarkan banyak fitur, seperti manajemen mata uang, manajemen tagihan, manajemen faktur (invoice), dan masih banyak lagi. Alih-alih menggunakan aplikasi accounting yang tak terintegrasi dengan aplikasi bisnis lainnya, lebih baik gunakan ERP yang telah memuat modul akuntansi.  

Inventory Management 

Setiap perusahaan pasti memiliki stok barang, baik itu barang dagangan maupun aset. Untuk mengelolanya, diperlukan sistem ERP dengan modul manajemen inventaris. Modul ini bermanfaat untuk melacak, mengendalikan, dan memesan stok barang di pusat maupun cabang. 

Sejumlah fitur yang ada di dalam modul Inventory Management, antara lain: manajemen gudang, manajemen stok, manajemen pemasok, mutasi barang, bahkan pencatatan tentang penggunaan barang oleh pihak internal perusahaan.

Purchasing Management 

Modul pembelian juga berperan penting, terutama untuk perusahaan ritel, manufaktur, dan grosir, yang terbiasa membeli banyak barang dari supplier. Purchasing system dari modul ERP ini mampu mengontrol pengeluaran perusahaan, karena  barang yang dibeli dari supplier dapat disesuaikan dengan permintaan konsumen. 

Customer Relationship Management (CRM) 

Sesuai namanya, modul CRM berfokus pada manajemen pelanggan. Dikutip dari buku Strategi Manajemen, Dr. Oscarius Y.A. Wijaya, M.H., M.M., (2020:14), implementasi strategi manajemen hubungan pelanggan (customer relationship management) sangat membutuhkan komunikasi antara perusahaan dengan berbagai pihak terkait, yang mendukung jalannya bisnis perusahaan, termasuk calon konsumen.   

Sistem ERP dari modul ini berfungsi untuk mengelola pelanggan, seperti mencatat riwayat transaksi, pola perilaku pembeli, menyebarkan marketing campaign email, dan lain sebagainya. Modul ERP ini juga bisa digunakan untuk menganalisis pasar ketika hendak meluncurkan produk atau layanan terbaru.  

Human Resource Management (HRM) 

Modul ini sangat bermanfaat, terutama untuk perusahaan yang memiliki banyak karyawan. Dengan modul HRM, Anda bisa memantau absensi karyawan, menerima atau menolak permintaan cuti, mengelola employee loan (kasbon), dan kebutuhan HR lainnya. 

Selain modul dasar di atas, Anda juga bisa meminta penyedia atau vendor ERP yang dipercaya untuk mengonfigurasi modul ERP lainnya sesuai keunikan proses bisnis Anda, seperti project management, warehouse management, dan supply chain management. 

Contoh aplikasi ERP yang dapat dikonfigurasi sesuai keunikan proses Anda adalah iDempiere. Hadir dengan sistem ERP yang sudah globally best practice, iDempiere tetap mengizinkan penggunanya untuk menambahkan modul secara fleksibel untuk mengakomodasi kebutuhan bisnis Anda. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai aplikasi ERP iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di  nomor 0821-2228-2266 atau kirimkan email ke sales@kosta-consulting.com.   

en_US
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini