Komponen Utama dalam ERP Distribusi

software logistik distribusi
software logistik distribusi

Sistem ERP yang diterapkan untuk proses bisnis logistik merupakan aplikasi paling kompleks. Software ERP (Enterprise Resource Planning) sendiri adalah suatu sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahaan manufaktur ataupun jasa.

Implementasi ERP menjadi investasi yang harus dilakukan perusahaan guna meningkatkan efisiensi kinerja dan mengembangkan bisnis. Secara umum, jika pengelolaan sistem ERP pada perusahaan berjalan lancar maka dapat mengurangi biaya-biaya operasional.

Apa Saja Komponen Utama Software Logistik Distribusi?

Modul sistem atau software ERP logisitik menjadi sistem aplikasi yang kompleks karena harus mencakup beberapa hal. Beberapa cakupannya, antara lain penjualan dan perencanaan operasional, manajemen bahan baku, pemeliharaan fasilitas pabrik, manajemen kualitas, perencanaan serta pengendalian produksi.

Jika perusahaan ingin berhasil menerapkan ERP, maka manajemen perusahaan perlu melakukan pelatihan yang intensif. Beberapa pelatihan yang diperlukan, seperti tingkat manajerial hingga tingkat operasional.

Sebuah perusahaan logistik perlu memiliki software distribusi untuk mempermudah proses kerja. Nah, untuk mencapai keberhasilan lebih cepat software logistik gudang distribusi memerlukan beberapa komponen utama yakni:

  1. Proses manajemen distribusi

Otomatisasi yang ditawarkan oleh perangkat lunak ERP sangat berharga dan layak untuk dipertimbangkan sesuai kebutuhan perusahaan. Memiliki logistik software berupa ERP bisa membantu dalam mengelola berbagai proses pekerjaan yang rumit menjadi jauh lebih mudah.

Nah, salah satu komponen yang harus ada dalam software logistik distribusi adalah proses manajemen. Proses manajemen distribusi dibagi menjadi 6 bagian, antara lain perencanaan manajemen distribusi, sales management, purchasing management, quality management, customer relationship management, dan barcoding.

  1. Supply chain management

ERP logistics software juga harus memiliki komponen yang tidak kalah penting, yaitu supply chain management. Komponen ini dapat diartikan sebagai sebuah proses pengelolaan semua operasional bisnis antara supplier, manufaktur, wholesale, distributor, retailer, dan customer.

Tak hanya itu, ERP logistik software harus mampu menyediakan fungsionalitas sistem rantai pasok yang mendalam. Biasanya, software ERP ini harus mencakup tiga bidang yakni berupa warehouse management system, transportation management system, dan supplier relationship management.

  1. Back office operation

Dalam sebuah manajemen bisnis, back office operation memiliki fungsionalitas yang penting dan sangat umum. Beberapa fungsi dari komponen ini berperan penting agar bisa menjalankan operasional bisnis dengan lancar.

Fungsi yang dimaksud, antara lain financial application, accounting application, dan human resource. Nah, jika ketiga komponen dari logistik management software sudah dimiliki maka perusahaan dapat berkembang dan berjalan lancar tanpa hambatan.

Manfaat Dari Penggunaan Software Distribusi

Perangkat lunak atau software ERP distribusi memiliki beragam manfaat bagi perusahaan. Beberapa manfaat dari penggunaan ERP bagi perusahaan atau pemilik bisnis, antara lain sebagai berikut:

• Meningkatkan visibilitas
• Meningkatkan manajemen gudang
• Kemampuan untuk perencanaan permintaan
• Pelaporan data yang akurat

Sistem software ini memiliki manfaat untuk mengotomatisasi proses kerja. Software ERP akan mengambil alih beberapa pekerjaan manual yang biasa dilakukan sebelumnya sehingga kontrol penuh pada bisnis berjalan sesuai keinginan.

Keuntungan Software ERP Kosta Consulting

Logistics software open source atau ERP Indonesia yang bisa menjadi pilihan tepat bagi perusahaan adalah iDempiere. Software ERP iDempiere merupakan software ERP open source sudah memiliki lisensi General Public License atau GPL yang menggunakan sistem database PostgreSQL
Keuntungan dari penggunaan iDempiere di kosta consulting yang bisa di dapatkan, antara lain tidak ada biaya lisensi, dapat di kostumasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan, tidak ada biaya tambahan untuk user, serta sistem ERP yang berbasis cloud yang memudahkan anda untuk mengakses serta keamanan data yang terjamin. Untuk itu, pastikan untuk memilih sistem software yang tepat agar keuntungan maksimal bisa didapatkan.

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini