Peran ERP Consultant dalam Impementasi software ERP

ERP CONSULTANT, ERP, KONSULTAN ERP, IDEMPIERE
ERP CONSULTANT, ERP, KONSULTAN ERP, IDEMPIERE

Jika suatu perusahaan akan melakukan implentasi ERP atau ERP implementation, maka perusahaan perlu mengetahui langkah apa saja yang dilakukan dalam pelaksanaan tersebut, karena diperlukan pengetahuan juga sumber daya yang cukup banyak. Bagaimana caranya? Agar lebih mudah dan dapat mengefesiensikan waktu untuk segera melakukan konsep ERP pada bisnis, maka salah satunya yaitu dengan menggunakan jasa ERP consultant.
Apa itu ERP consultant? ERP consultant adalah sebuah pekerjaan yang mempunyai keahlian khusus mengenai bidang technical, support, business process, accounting serta programmer untuk kebutuhan ERP implementation. ERP consultant seharusnya mempunyai lebih banyak pengalaman mengenai ERP implementation daripada klien perusahaan bisnis itu sendiri, hal ini karena setiap perusahaan mempunyai karakter yang berbeda, sehingga penanganan perbaikan yang pernah dilakukan ERP consultant sebelumnya akan menjadi kunci untuk melakukan ERP implementation berikutnya pada perusahaan.

Pekerjaan yang dilakukan ERP consultant adalah proses yang cukup rumit, dimana ERP consultant perlu merancang kebutuhan ERP implementation dengan detail, juga berdasarkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki ERP consultant, sehingga tidak hanya bekerja pada saat implementasinya saja. Sebelumnya juga perlu merancang ERP Software seperti apa yang akan digunakan, misalnya akan menggunakan ERP Software iDempiere yang bisa dilakukan oleh KOSTA – Consulting dengan disesuaikannya kebutuhan bisnis, budget serta timeline. ERP consultant juga sebaiknya memberikan pelatihan (Training) dan ticketing system untuk kebutuhan teknis dan peralihan sistem serta perawatan (maintenance) untuk memastikan kestabilan ERP software yang diimplementasikan agar meningkatkan pencapaian bisnis perusahaan, pelayanan tersebut dapat diperoleh dari KOSTA – Consulting yang merupakan ERP implementor di Jakarta sejak tahun 2012.
ERP consultant mempunyai 2 jenis peran berbeda untuk proses ERP implementation agar dapat berjalan dengan benar yaitu Functional Consultant dan Technical Consultant.

Functional Consultant

Merupakan sebuah peran ERP untuk mencari informasi dengan sedetail mungkin mengenai proses bisnis serta memberikan pengarahan yang tepat kepada klien atau perusahaan sehingga ERP implementation dapat dilakukan secara benar. Peran sebagai Functional Consultant cukup berat, karena peran tersebut harus mampu memberikan solusi yang terbaik dan tepat serta mempunyai ketersediaan berbagai informasi mengenai ERP, jika klien atau perusahaan mengalami kesulitan dalam ERP implementation. Tentunya untuk mempunyai peran sebagai Functional Consultant perlu mempunyai softskill dan penguasaan proses bisnis yang kuat, serta mempunyai kemampuan komunikasi atau dapat berkoordinasi dengan sangat baik, karena akan berpengaruh pada keputusan – keputusan yang diambil dalam langkah ERP implementation.


Technical Consultant

Technical Consultant mempunyai peran untuk berkoordinasi dengan Functional Consultant dalam proses pemograman, baik itu report, query dan hal – hal lain yang bersifat teknis. Maka dari itu dapat dilihat bahwa menjadi Technical Consultant harus mempunyai kemampuan atau keahlian teknis, seperti penguasaan pemrograman dan Query.
Jika pada seseorang mempunyai kedua peran ERP tersebut, tentunya akan lebih memudahkan lagi dalam proses dan pemahaman ERP implementation pada klient atau perusahaan. Sehingga pelaksanaan ERP implementation dapat dilakukan dengan maksimal, karena bukan hanya menggunakan teknologi mutakhir, melainkan juga menggunakan jasa professional yang mengetahui tentang ERP seperti KOSTA – Consulting yang telah mengimplementasi iDempiere ERP, di wilayah Indonesia diantaranya kota Jakarta, Purwakarta, Semarang, Solo hingga ke luar negeri seperti Taiwan pada perusahaan tekstil, garmen serta manufaktur. KOSTA – Consulting berkomitmen untuk memahami bisnis perusahaan sehingga dapat memberikan solusi terbaik dalam penanganan bisnis perusahaan anda dengan ERP implementation.

mempunyai peran untuk berkoordinasi dengan Functional Consultant dalam proses pemograman, baik itu report, query dan hal – hal lain yang bersifat teknis. Maka dari itu dapat dilihat bahwa menjadi Technical Consultant harus mempunyai kemampuan atau keahlian teknis, seperti penguasaan pemrograman dan Query.

Jika pada seseorang mempunyai kedua peran ERP tersebut, tentunya akan lebih memudahkan lagi dalam proses dan pemahaman ERP implementation pada klient atau perusahaan. Sehingga pelaksanaan ERP implementation dapat dilakukan dengan maksimal, karena bukan hanya menggunakan teknologi mutakhir, melainkan juga menggunakan jasa professional yang mengetahui tentang ERP seperti KOSTA Consulting yang telah mengimplementasi iDempiere ERP, di wilayah Indonesia diantaranya kota Jakarta, Purwakarta, Semarang, Solo dan diseluruh Indonesia hingga ke luar negeri seperti Taiwan pada perusahaan tekstil, garmen serta manufaktur. KOSTA – Consulting berkomitmen untuk memahami bisnis perusahaan sehingga dapat memberikan solusi terbaik dalam penanganan bisnis perusahaan anda dengan ERP implementation.
Ingin berkonsultasi dan mengetahui kebutuhan ERP yang tepat untuk bisnis anda?, Hubungi kami WA : 0821-2228-2266

erp, software erp, erp indonesia, whatsapp tombol

atau anda dapat mengirimkan surel melalui formulir yang sudah tertera disini. Jangan ragu konsultasi gratis bersama Kosta Consulting.

id_ID
en_US id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini