5 Kegunaan Sistem ERP untuk Perusahaan Manufaktur

sistem erp perusahaan manufaktur, kegunaan sistem erp pada perusahaan manufaktur

Sistem ERP pada Perusahaan manufaktur berperan penting dalam setiap kegiatan di industri manufaktur. Perusahaan manufaktur dapat diartikan sebagai sebuah badan usaha yang mengoperasikan mesin, peralatan, dan tenaga kerja untuk mengubah bahan-bahan mentah menjadi barang jadi. Nah, untuk membuat bisnis ini bisa berjalan dengan lancar maka diperlukan teknologi berbasis digital lainnya.

Untuk meningkatkan kinerja industri manufaktur perlu disertai dengan penggunaan software sistem ERP dalam proses mengelola manajemennya. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut berikut beberapa kegunaan sistem ERP perusahaan manufaktur.

Apa saja kegunaan sistem ERP untuk perusahaan manufaktur?

Software ERP (Enterprise Resource Planning) adalah seperangkat software yang memiliki fungsi untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai aktivitas operasional di dalam suatu bisnis.

ERP manufaktur memberikan fungsi khusus yang merampingkan dan mengotomatiskan bisnis inti dan proses manufaktur. Karena itu, sistem ini bisa memfasilitasi bisnis melalui informasi real-time dan akurat sehingga pemilik bisnis bisa membuat keputusan dengan baik berdasarkan data yang dihasilkan.

Pengumpulan data oleh sistem ERP ini bisa mencegah terjadinya duplikasi dengan memberikan integritas data. Beberapa kegunaan dari software ERP untuk perusahaan manufaktur yang perlu diketahui.

  1. Menyimpan data dengan aman

Sebuah perusahaan pasti memiliki banyak data yang harus disimpan, mulai dari produksi, pemasaran, distribusi, serta lainnya. Semua data akan menjadi lebih sulit untuk diakses jika disimpan dalam bentuk fisik sehingga diperlukan sistem software.

Sistem ERP perusahaan manufaktur akan membantu perusahaan dalam menyimpan semua data dengan aman. Ketika dibutuhkan, data perusahaan menjadi lebih mudah diakses dan dengan cepat bisa didapatkan.

  1. Meningkatkan kolaborasi antar departemen

Dalam sebuah bisnis, melakukan kolaborasi antar departemen merupakan bagian yang penting dan sering dilakukan. Nah, dengan menggunakan software produksi manufaktur guna meruntuhkan dinding pembatas antara departemen.

Data yang dimasukkan ke dalam software untuk manufaktur akan terpusat dan konsisten sehingga satu departemen bisa mengakses departemen lainnya. Sistem yang bisa dipakai adalah software produksi manufaktur gratis, dimana dapat memperluas kolaborasi antar-tim di seluruh cabang perusahaan melalui internet.

  1. Mengelola inventaris perusahaan

Pengelolaan inventaris menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh suatu perusahaan dalam menjalankan bisnis. Nah, ERP yang merupakan software akuntansi manufaktur gratis akan membantu perusahaan dalam mengelola inventaris.

Tak hanya itu, ERP atau software akuntansi perusahaan manufaktur juga mampu membantu memantau sirkulasi barang yang beredar dan mendeteksi produk laku atau tidak laku di pasar. Melalui bantuan software akuntansi untuk perusahaan manufaktur inilah, proses produksi bisa berjalan dengan lancar.

  1. Membantu menekan biaya

Pada beberapa perusahaan, bisnis yang dimiliki cukup kompleks sehingga membutuhkan proses atau alur kerja sulit sehingga butuh biaya banyak. Untuk itu, software untuk perusahaan manufaktur sangat dibutuhkan karena bisa membantu menekan biaya.

Software perusahaan manufaktur akan membantu tiap bagian dalam sebuah perusahaan untuk menjalani pekerjaan secara efisien. Dengan begitu, pekerjaan menjadi lebih mudah dan biaya yang dikeluarkan bisa lebih sedikit.

  1. Membuat laporan dengan akurat

Sebuah perusahaan pasti harus membuat laporan secara menyeluruh mulai dari proses produksi hingga penjualan. Biasanya, pembuatan laporan menyulitkan karena terdapat berbagai hal yang terlibat di dalamnya.

Dibanding melakukannya secara manual, ada baiknya untuk menggunakan software ERP dalam membuat laporan. Proses pembuatan laporan menjadi lebih sederhana dan akurat sehingga kesalahan bisa diminimalkan.

Keuntungan software ERP Kosta Consulting

Sekarang ini, ERP Indonesia sudah tersedia banyak dan salah satu terbaik adalah iDempiere. iDempiere merupakan sebuah software ERP open source dengan lisensi General Public License atau GPL.

Sistem software iDempiere akan memberikan berbagai keuntungan saat digunakan. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain tidak ada biaya lisensi, dapat di kostumasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan tidak ada biaya tambahan untuk user.

id_ID
en_US id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini