Sistem POS: Pengertian, Manfaat, dan Tips Memilihnya

Point of sales atau yang biasa dikenal sebagai sistem POS kini menjadi bagian penting dari kegiatan operasional berbagai bisnis. Meski begitu, banyak yang masih bertanya, “Apa itu point of sales?” 

Sejarah point of sales sendiri bisa ditelusuri ke awal pembuatan mesin kasir hingga kini memiliki peran yang sangat penting untuk merekam penjualan.

Apa Itu Sistem POS (Point of Sales)?  

Selama ini, point of sales sering dikaitkan dengan seperangkat sistem yang mencakup: mesin kasir untuk memproses transaksi jual beli, printer untuk mencetak struk dengan rapi, dan cash drawer untuk menyimpan uang.  

Padahal point of sales adalah titik (waktu dan tempat) terjadinya transaksi jual beli. Nah, sistem POS dapat membantu berbagai macam bisnis untuk mempermudah proses transaksi jual beli dengan cepat, aman, dan sistematis.  

Banyak digunakan oleh restoran, retail, hingga ke barbershop dan tempat laundry, POS kini menggunakan mobile device dengan basis Android atau iOS. Konektivitasnya juga tidak memerlukan kabel (wireless). Untuk mencetak struk, POS bisa dihubungkan ke printer dengan bluetooth

5 Manfaat Sistem POS

Lantas, apa saja manfaat dari penggunaan sistem POS itu sendiri selain untuk mencetak struk? Simak manfaat selengkapnya berikut ini: 

  • Mencatat data transaksi jual beli secara lengkap dan real-time dan memprosesnya menjadi laporan penjualan. Hal ini dapat meringkas proses pencatatan keuangan dan dapat dianalisis demi pengambilan keputusan terbaik.   
  • Mampu menerima berbagai metode pembayaran, baik tunai, kartu debit, kartu kredit, maupun digital wallet
  • Dapat digunakan untuk mengubah data, seperti harga dan menu dengan sangat cepat.  
  • POS yang terintegrasi dengan software inventory bahkan dapat digunakan untuk mengantisipasi kekurangan bahan baku dan menjaga ketersediaan produk bagi para pembeli. 
  • Menyediakan kalkulasi otomatis, sehingga kasir tidak perlu repot menghitung uang kembali. Selain mengantisipasi human error saat menghitung uang, hal ini juga mampu mempercepat proses transaksi dan mengurangi durasi antrean, yang akhirnya berujung pada peningkatan kepuasan pelanggan.

6 Tips Memilih Sistem POS 

Dikarenakan sangat penting untuk kegiatan operasional bisnis, maka Anda perlu memilih POS dengan cermat, berikut beberapa tipsnya: 

Perhatikan Fitur dan Biaya 

Investasi untuk POS system membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Agar tidak salah pilih, maka Anda harus terlebih dahulu memahami kebutuhan dan proses bisnis Anda.   

Sebagai contoh, fitur dan biaya POS yang dibutuhkan oleh laundry kecil yang dioperasikan oleh seorang kasir akan jauh berbeda dengan yang restoran 3 lantai dengan banyak karyawan.  

Membuat Laporan Penjualan yang Lengkap 

Laporan penjualan otomatis dari POS sangat membantu proses bisnis. Pastikan POS yang Anda pilih bisa membuat laporan penjualan dengan lengkap, setidaknya: laporan penjualan yang terpisah berdasarkan metode pembayaran dan produk apa saja yang paling laris.  

Mudah Digunakan 

Salah satu alasan penggunaan POS adalah untuk menghindari human error. Untuk itu, diperlukan POS yang mudah digunakan oleh karyawan baru sekalipun.  

Dengan tampilan yang mudah dipahami dan sistem yang mudah digunakan, maka Anda tidak akan kesulitan saat mengajari karyawan baru untuk mengoperasikannya. Dengan demikian, maka risiko kesalahan akibat human error pun akan berkurang. 

Terhubung dengan Database 

Pilihlah point of sales yang dapat terhubung dengan database tanpa kabel. Dengan begitu, Anda dapat mengecek laporan penjualan dari beberapa outlet berbeda dari mana dan kapan saja tanpa perlu mendatanginya secara langsung. 

Mampu Mengelola Stok Barang   

Apabila bisnis Anda membutuhkan banyak bahan baku yang variatif, maka gunakanlah POS yang terintegrasi dengan sistem inventory. Dengan begitu, Anda dapat segera mengetahui bahan baku apa yang harus segera di-restock.  

Memberikan Layanan Purna Jual yang Baik 

Sebelum memutuskan untuk menggunakan sebuah POS, tanyakan dengan rinci layanan jual yang disediakan. Vendor POS system yang baik akan menyediakan layanan purna jual untuk membantu ketika Anda terkendala saat mengoperasikannya.  

Kini sudah banyak sistem POS yang dapat memberikan sejumlah manfaat di atas dan dibanderol dengan harga yang terjangkau. Namun, jika Anda membutuhkan sistem point of sales yang terintegrasi dengan sistem inventory, finance & accounting, supply chain, dan lain-lain, maka software ERP iDempiere adalah jawabannya.  

Sebagai ERP cloud yang andal dan fleksibel, iDempiere diinstal di cloud yang aman dan terpercaya, yaitu: Amazon Web Services serta bisa dikonfigurasikan sesuai keunikan proses bisnis Anda. Tanpa biaya lisensi per user (unlimited user), Anda tak perlu khawatir untuk menambahkan jumlah kasir yang akan menggunakan software tersebut. 

Sebagai contoh, untuk restoran, POS dari ERP iDempiere bisa menyediakan layout meja, perpindahan pesanan jika ada tamu yang pindah meja, dan waktu reservasi meja. Setiap kasir juga bisa login dengan password masing-masing, sehingga meningkatkan kredibilitas karyawan. Hubungi Kosta Consulting di nomor +62 821-2228-2266 untuk implementasi ERP iDempiere.       

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini