5 Tips Memilih Software Gudang Terbaik

Software gudang atau yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai warehouse management system sangat penting untuk setiap perusahaan dagang. 

Manajemen gudang yang baik berdampak besar terhadap penjualan, karena dapat memperlancar arus barang dengan rapi dan teratur. Hal itu dapat menghindarkan perusahaan dari kekeliruan yang sangat merugikan, seperti hilang atau kurangnya stok saat konsumen memesan barang. 

5 Manfaat Software Gudang 

Sebelum mengetahui deretan tips untuk memilih software gudang terbaik, mari intip sejumlah manfaat yang ditawarkan oleh software bisnis ini: 

  • Menentukan tata letak gudang yang tepat berdasarkan karakteristik dari setiap barang demi penyimpanan yang lebih efektif dan efisien. 
  • Melacak lokasi setiap barang di dalam satu gudang secara spesifik (di kolom mana, rak mana, dan tingkat berapa).   
  • Menyajikan laporan real-time terkait ruang penyimpanan berdasarkan data yang dimasukkan oleh staf gudang. 
  • Mengelola penyimpanan, pengambilan, pengemasan, dan pengiriman barang dari gudang kepada konsumen dengan efisien.  
  • Memastikan penggunaan gudang dan wadah penyimpanan (handling unit) yang optimal berdasarkan dimensi setiap barang dan wadah.            

5 Tips Memilih Software Gudang 

Jika Anda berencana untuk menggunakan warehouse management system, simak deretan tips berikut ini agar dapat memilihnya dengan benar: 

Pilih Software Gudang yang Dapat Menyarankan Penyimpanan Terbaik 

Hal pertama yang harus dipahami adalah karakteristik dari gudang yang dimiliki, mulai dari dimensi, suhu ruangan, hingga kemampuan floor loading dan loading docks

Dengan begitu, warehouse management system terbaik dapat memberi tahu barang apa saja yang cocok untuk disimpan di sana. Selain itu, berdasarkan dimensi gudang dan dimensi setiap barang, warehouse management system juga dapat menyarankan tata letak penyimpanan yang terbaik. 

Tentukan Dana yang Akan Dikeluarkan 

Penggunaan dana selalu menjadi hal krusial di setiap perusahaan, baik kecil maupun besar. Oleh karena itu, hitung dengan benar berapa dana yang bisa dikeluarkan untuk sebuah warehouse management system

Kemudian, carilah vendor yang bisa menyediakan software dengan harga terjangkau. Umumnya, software yang menggunakan teknologi cloud dapat menekan biaya.  

Pastikan Kemampuan Pelacakan Keluar Masuk Barang  

Meskipun dana yang dikeluarkan harus dihitung dengan teliti, tetapi hindari terlalu fokus ke harga. Selain harga, kualitas juga tentunya perlu diperhatikan. 

Pastikan software yang Anda pilih dapat  melacak keluar masuk barang dengan akurat. Agar terhindar dari kekeliruan akibat human error, silakan gunakan fitur barcode yang dapat melacak posisi barang yang telah dicatat secara rinci.   

Pilih Software yang Bisa Dikonfigurasi 

Konfigurasi merupakan hal yang sangat penting di dalam dunia pergudangan, khususnya konfigurasi costing method dari inventaris. salah satunya untuk metode penyimpanan. Bukan tidak mungkin 1 perusahaan menerapkan metode penyimpanan yang berbeda untuk setiap kategori barang yang berbeda. 

Umumnya, ada 3 metode penentuan nilai persediaan yang dapat disesuaikan dengan alur penjualan yang diinginkan perusahaan, yakni:  

  • FIFO (First in First Out): harga beli barang yang masuk pertama menjadi dasar penentuan harga pokok penjualan (HPP) barang yang dijual lebih dahulu (keluar).        
  • LIFO (Last In First Out): harga beli barang yang masuk terakhir menjadi dasar untuk menentukan HPP barang yang dijual lebih dahulu.  
  • Average Cost: HPP-nya dihitung dengan rata-rata harga pembelian semua barang, kemudian dibagi dengan jumlah semua barang.  

Selain ketiga metode di atas, software yang baik juga dapat memfasilitasi penyimpanan berdasarkan tren permintaan konsumen, seperti peletakkan barang yang paling laku di dekat area pengemasan, agar mempercepat proses pengiriman.   

Tak hanya untuk metode penyimpanan, software gudang terbaik juga memungkinkan penyimpanan barang sesuai kapasitas wadah penyimpanan (handling unit) berdasarkan ukurannya.  

Pastikan Keamanan Data

Terakhir, keamanan data perusahaan juga patut diperhatikan dengan saksama. Oleh karena itu, pilihlah software dengan keamanan tingkat tinggi, salah satunya dalam hal instalasi. 

Memang lebih aman bagi software bisnis untuk diinstal di server perusahaan. Namun, apabila Anda kesulitan untuk membangun sebuah server dengan keamanan tingkat tinggi, maka Anda dapat memilih software yang diinstal di cloud terpercaya seperti Amazon Web Services. 

Selain sejumlah tips di atas, ada baiknya juga untuk memilih software gudang yang terintegrasi dengan software lainnya, seperti keuangan, inventory, dan supply chain, demi perekaman dan pengolahan data yang akurat.   

Untuk itu, Anda bisa menggunakan ERP iDempiere yang menyediakan sejumlah modul penting untuk bisnis, termasuk gudang, keuangan, supply chain, inventory, e-procurement, dan lain sebagainya. 

Diinstal di Amazon Web Services, ERP iDempiere dapat digunakan tanpa batasan jumlah pengguna (unlimited user), sehingga dapat menunjukkan kredibilitas setiap karyawan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai implementasi ERP iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.   

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini